Ragam

Minat Masyarakat Tinggi, Volume Penumpang KA di Daop 3 Cirebon Melonjak Tajam di Masa Angkutan Nataru

 

kacenews.id-CIREBON- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 yang telah berlangsung pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Selama masa Nataru tersebut, KAI Daop 3 melayani 120.294 pelanggan KA atau rata-rata 6.683 pelanggan per hari. Jumlah tersebut meningkat 107 persen dibanding periode Nataru 2023/2024 yang melayani 112.407 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, mengungkapkan selama masa angkutan Nataru, jumlah KA yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 151 KA penumpang dan 15 KA barang. PT KAI Daop 3 setiap hari memberangkatkan 7 KA per hari, terdiri dari 3 KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Gambir, 1 KA Ranggajati relasi Cirebon – Jember, 1 KA Kaligung relasi Cirebon prujakan – Semarang Poncol dan 2 KA kaligung relasi Brebes – Semarang poncol.

Menurutnya, kenaikan volume penumpang ini antara lain ditunjang karena adanya penumpang dinamis, peningkatan jumlah perjalanan KA selama masa Nataru 2024/2025 dan meningkatnya minat masyarakat menggunakan angkutan KA.

“KAI Daop 3 mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan kepada KAI sebagai bagian dari perjalanan untuk bertransportasi di masa Nataru ini dan juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan KAI beserta seluruh stakeholder yang terlibat aktif dalam posko Angkutan Nataru 2024/2025 sehingga Angkutan Nataru ini secara umum berjalan dengan lancar dan terkendali,”katanya.

Ia menyampaikan, pencapaian positif di masa angkutan Nataru ini juga terdapat di sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan kereta api mencapai 100 persen dan kedatangan kereta api mencapai 97 persen. Hal ini juga yang menjadikan pertimbangan utama masyarakat memilih moda transportasi kereta api.

Disebutkannya, puncak volume pelanggan pada periode angkutan Nataru 2024/2025 terjadi pada Minggu, (29/12/2024) sebanyak 8.618 pelanggan. Kemudian puncak kedua yaitu pada Minggu (5/1/2025) sebanyak 9.100 pelanggan. KAI mencatat stasiun terpadat pada periode Nataru ini yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Brebes dan Stasiun Haurgeulis.

Rokhmad mengemukakan, keberhasilan dalam melayani pelanggan di masa Nataru 2024/2025 ini akan KAI jadikan momentum untuk melakukan evaluasi secara detail dan komprehensif, termasuk kepatuhan terhadap pelaksanaan budaya keselamatan serta aspek pelayanan.

“Hasil evaluasi ini kami harapkan dapat menjadi strategi pembelajaran yang sangat penting bagi KAI untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang 2025, khususnya menjelang Angkutan Lebaran 2025 yang tidak lama lagi akan dilaksanakan,” katanya.(Fa)

 

 

 

Related Articles

Back to top button