Pendidikan

Sambut Ramadhan, SMAN 1 Cirebon Gelar Khotmil Quran

CIREBON – Memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan, SMA Negeri 1 Cirebon menggelar Khotmil (khataman) Quran, ekstra kulikuler Tahfidz Quran guru dan peserta didik di sekolah setempat yang di gelar 16 Sya’ban 1444 H atau Rabu, 8 Maret 2023 kemarin.

Usai gelaran tersebut, berlanjut pada siswa mendengarkan tausiyah yang dilakukan Ustadz Kamal. “Karena sedang pekan ulangan, kelas tiga juga mau ujian, mendekati Ramadhan hingga kegiatan  isra miraj sempat kepending dengan kegiatan yang padat, momentum ini pada akhirnya disatukan,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan, Nur Fajri, Kamis (9/3/2023).

Dijelaskan Nur Fajri, pada kegiatan Khotmil Quran bagi siswa kelas X-Xll yang saat di SMP maupun pesantren yang sudah khatam AlQuran atau menghafal Al-Qur’an beberapa Juz diberikan fasilitas dan menawarkan kepada siswa apakah mau menambah hafalan atau Murojaah.

Untuk siswa atau peserta, orang tua siswa juga didatangkan dan mereka para siswa melakukan sungkeman kepada orang tuanya karena sekolah memberikan apresiasi kepada para orang tua yang sudah mendidik anaknya khususnya belajar AlQuran.

“Banyak yang menambah hafalan. Sekitar tahun 2018 lalu juga sebelum pandemi ada yang sampai 30 Juz,” jelasnya.

Ke depan, saat ramadan nanti menurut guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tersebut akan melaksanakan SmartTren atau serangkaian kegiatan yang dilakukan pada bulan ramadan dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa sesuai jadwal dengan yang ditentukan dari Kalender Pendidikan Provinsi.

Nanti yang mengikuti SmartTren hanya kelas X dan XI karena siswa kelas XII minggu depan ujian. “Kita ingin mengembalikan nilai-nilai Islami kepada siswa meskipun saat ini era teknologi, ibadah atau keagamaan harus tetap diutamakan,” Tutup Nur Fajri.(Jaka)

Back to top button