Ayumajakuning

Semangat Berbagi pada Sesama, Yayasan Miftahul Ulum Rutin Santuni Anak Yatim

KUNINGAN, (KacenewsId).-Yayasan Miftahul Ulum Cirendang Kabupaten Kuningan secara rutin menyantuni anak yatim piatu setiap satu bulan sekali. Termasuk pada Minggu (5/3/2023)  di Masjid Jami Nurul Iman.

Pembina Yayasan Miftahul Ulum Cirendang, KH Emus Musthofa, Senin (6/3/2023), mengungkapkan, pada Minggu Kliwon kemarin anak yatim yang disantunia sebanyak 75 orang. Mereka terdiri dari warga Kelurahan Cirendang serta desa sekitar sesuai kemampuan yang ada. Bahkan sebelumnya, sempat mencapai 80 anak yang berasal dari sejumlah desa/kelurahan.

“Alhamdulillah, pemberian santunan terhadap anak yatim piatu yang dilaksanakan sebulan sekali setiap Ahad Kliwon ini sudah berjalan kurang lebih 1,5 tahun. Mudahan-mudahan kegiatan ini dapat terus berlanjut,” katanya.

Ia menyebutkan, dana untuk satunan diperoleh dari para aghniya, dermawan dan donatur lainnya yang tidak mengikat. Mereka ada yang datang  langsung menyumbangkan uang tunai serta ada pula melalui ditransfer ke nomor rekening yayasan. Hal ini sebagai upaya meringankan serta mempercepat proses dalam pemberian bantuan dana yang dititipkan kepada yayasan untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

“Berbagi terhadap anak yatim maupun orang yang membutuhkan uluran tangan merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu kita berupaya saling berbagi terhadap mereka, apalagi dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain yang harus dikeluarkan,” kata pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Syiarul Islam ini.

 Sementara itu, Yayasan Miftahul Ulum juga bergerak dalam pendidikan Madrasah Diniyah (MD) bagi anak usia SD, yang berlangsung sejak 2007. Hingga kini sudah ada 45 anak yang  mengikuti pembelajaran kegiatan keagamaan di MD Miftahul Ulum.

 “Alhamdulillah,  hingga kini kegiatan MD tetap berlangsung untuk menampung anak-anak yang ada di seputar Cirendang belajar Islam. Untuk tenaga pengajar terdiri dari anak saya dan guru dari luar,” katanya.(Emsul)

Back to top button