Saba Desa

Pemdes Karanganyar Maksimalkan Penanganan Sampah

CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Karanganyar Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon, bertekad mewujudkan lingkungan bersih. Salah satunya, rutinitas pengangkutan sampah.

Kuwu Desa Karanganyar, H Suranto mengatakan, untuk  mewujudkan lingkungan bersih, secara kontinyu lakukan pengangkutan sampah dari tempat pembuangan sementara sampah (TPSa) ke Tempat Pembuanhan Akhir Sampah (TPASa).

“Setelah lakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), maka sampah diangkut mengggunakan mobil dari dinas,” katanya, Sabtu (5/3/2023).

Pria yang biasa dipanggil Haji Ato ini menjelaskan, penanganan sampah menjadi tanggung jawab seluruh pihak, tak terkecuali masyarakat itu sendiri. Maka, diperlukan kesadaran individu untuk memilah sampah.

“Sebelum sampah dibuang, alangkah baiknya dipilah terlebih dahulu, agar sampah yang dibuang sedikit. Misalnya, sisa botol air mineral bisa dikumpulkan untuk dijual,” jelasnya.

Masih dikatakan Haji Ato, untuk pengangkutan sampah dari TPSSa ke TPASa dilakukan sekitar dua pekan sekali. “Dengan memaksimalkan pengangkutan sampah, akan mencegah penumpukan di TPSSa desa,” ujarnya.

Dirinya mengimbau pada seluruh masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, guna mencegah penyakit dan banjir. Pengelolaan dan adanya fasilitasi gerobak sampah, akan mampu menekan budaya buang sampah sembarangan.

“Kami akan maksimal dalam penanganan sampah, disamping sektor lain yang menjadi kebutuhan masyarakat,” pungkas Haji Ato.(Supra)

 

Related Articles

Back to top button