Saba Desa

Kader PKK dan Posyandu Desa, Berperan Penting Dalam Upaya Penurunan Kasus Stunting di Lemahabang

 

 

kacenews.id-CIREBON-Peran kader PKK dan posyandu desa sangat penting dalam upaya penurunan angka stunting di wilayahnya .

“Kader PKK yang berperan aktif dalam berbagai kegiatan, khususnya posyandu, sangat  berdampak positif pada penurunan angka stunting,” katanya Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati
usai acara di balai desa Sarajaya, Kamis (17/10/2024).

Menurutnya,  upaya penurunan angka stunting yang menjadi program nasional terus dilakukan pemerintah daerah (Pemda) hingga desa. Sehingga anak yang tereindikasi stunting bisa langsung ditangani.

Sementara itu, Kuwu Desa Sarajaya, Rudiyana mengungkapkan, penurunan angka stunting menjadi salah satu fokus program desa dan upaya yang dilakukan berupa memberikan makanan tambahan. Selain itu juga menaruh perhatian besar terhadap peran kader PKK dalam kegiatan Posyanu. “Masih menjadi prioritas desa untuk pencegahan stunting,” ujarnya.

Ia menyebutkan,  penanganan stunting menjadi tanggung jawab seluruh pihak, tak terkecuali pihak desa. Namun yang utama, peran orang tua  yang aktif untuk datang ke posyandu, agar mengetahui tumbuh kembang anak. “Jika ada yang terindikasi stunting, kami komunikasikan ke puskesmas untuk penanganan lebih lanjut,”katanya.

Hal sama  diemukakan Kuwu Desa Sigong, Sumarsono. Menuritnya, pihak desa senantiasa memberikan makanan tambahan bagi anak yang terindikasi stunting. Hal ini, sangat diperlukan guna menambah asupan gizi. “Dengan sinergitas seluruh pihak, kasus stunting dapat diturunkan bahkan nol persen,” ucapnya.

Ia mengatakan, penurunan angka stunting terus dilakukan pihak desa, antar lain dengan mengadakan posyandu di tiap blok berikut PMT. “Selain itu, ada pengukuran lingkar kepala dan lengan bagi anak dan balita. Jika ada terindikasi stunting, akan dilaporkan ke puskesmas untuk ditindaklanjuti,” tuturnya.

Ia mengharapkan, peran orang tua untuk memberikan asupan gizi yang seimbang dan peran aktif pemerintah pusat hingga kabupaten dalam penurunan kasus stunting. “Tentunya kami telah maksimal dalam berbagai permasalahan yang ada, termasuk stunting,” katanya.(Su)

 

Related Articles

Back to top button