Ayumajakuning

Nuzul Racdy Resmi Jadi Ketua DPRD Kuningan

kacenews.id-KUNINGAN-Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy kembali melenggang menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Periode 2024-2029 karena partai yang dipimpinnya berhasil meraih keterwakilan kursi legislatif terbanyak pada pemilihan legislatif (Pileg) lalu.
Dengan perolehan keterwakilan sembilan kursi anggota dewan, politisi partai berlambang banteng moncong putih tersebut dilantik sekaligus diambil sumpah jabatannya bersama tiga pimpinan dewan lainnya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kuningan, Ardhianti Prihastuti dengan didasarkan pada Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 171.2/Kep.570-Pemotda/2024.
Sedangkan tiga pimpinan dewan lainnya adalah Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kuningan, H. Ujang Kosasih sebagai Wakil Ketua I karena di Pileg tanggal 14 Februari 2024 berhasil meningkatkan keterwakilan anggota dewan menjadi delapan orang. Lalu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kuningan, H. Dwi Basyuni Natsir sebagai Wakil Ketua II karena di Pileg tahun 2024 berhasil mempertahankan 7 kursi keterwakilan dewan. Sedangkan di periode 2019-2024, politisi yang menduduki posisi pimpinan dewan dari PKS adalah Hj. Kokom Komariyah.
Terakhir, pimpinan dewan yang dilantik sebagai Wakil Ketua III adalah politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar), Saw Tresna Septiani karena di Pileg mampu mendongkak 7 kursi keterwakilan dewan sehingga menggeser posisi H. Dede Ismail (Deis) karena Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengalami penurunan perolehan kursi dewan menjadi 6 orang.
Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy menyebutkan bahwa pentingnya peran dewan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat sehingga pimpinan DPRD beserta anggota berkomitmen mengawal pembangunan daerah, memperjuangkan kepentingan warga serta bersinergi dengan berbagai pihak agar bisa tercapai tujuan yang diharapkan.
Dirinya berharap, dengan komposisi yang baru ini, dewan diharapkan mampu menjalan tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) secara optimal demi tercapainya pembangunan yang merata sekaligus sejalan dengan aspirasi warga sehingga pelantikan ini menjadi awal peningkatan sinergitas antar DPRD dengan eksekutif dalam mewujudkan Kuningan yang lebih baik.
Sementara itu, prosesi penting pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD Kuningan periode 2024-2029 tersebut disaksikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, H. Raden Iip Hidajat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pj Sekretaris Daerah (Sekda), H. Asep TaufiK Rohman, para anggota dewan, kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan unsur lainnya.(Yan)

Back to top button