CirebonRaya

KLH Nobatkan RW 15 Kelurahan Kalijaga Jadi Proklim Madya

kacenews.id-CIREBON-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan kepada RW 15 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon atas Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2024 kategori Madya.
Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon di Kantor KLHK beberapa waktu yang lalu. Kepala DLH Kota Cirebon, dr. Yuni Darti, Sp.GK., menyampaikan terima kasih kepada masyarakat di RW 15 Kelurahan Kalijaga.

Berkat konsistensi dan kreativitas menjaga alam, wilayah ini diganjar penghargaan oleh KLHK. “Prestasi membanggakan kembali diraih oleh warga RW 15 Kelurahan Kalijaga. Mereka telah menunjukkan bahwa setiap individu dapat berkontribusi dalam menjaga bumi,” kata Yuni.

Proklim Madya adalah sebuah predikat yang diberikan kepada suatu desa, kelurahan, atau komunitas yang telah berhasil menjalankan program-program pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan dan memenuhi kriteria tertentu dalam Program Kampung Iklim (Proklim). “Penghargaan dari KLHK untuk desa atau kelurahan yang berhasil mengelola lingkungan dengan baik,” tuturnya.

Dikatakan Yuni, RW 15 Kelurahan Kalijaga masuk kriteria sebagai daerah yang mampu memanfaatkan lingkungan, menciptakan lingkungan hijau, melakukan penanaman pohon peneduh, dan berhasil mengelola bank sampah. Selain itu, di wilayah tersebut berhasil budidaya maggot, peternakan, dan mampu mengelola tanaman pangan untuk masyarakat. Kategori ini menjadikan RW 15 Kelurahan Kalijaga diganjar penghargaan Proklim 2024.

“Semua kategori ini dilakukan RW 15 Kalijaga. Kami hanya sebagai pendamping dan mengarahkan apa yang diinginkan oleh masyarakat setempat,” ujar dr. Yuni.

Setelah sukses meraih penghargaan Proklim kategori Madya dari KLHK, pihaknya menargetkan untuk RW 15 Kalijaga meraih penghargaan Proklim kategori Mandiri.(Cimot)

Back to top button