CirebonRaya

DKIS Gelar Monev Layanan Bidang Kominfo dan Statistik, Pemkot Cirebon Dorong Optimalisasi Teknologi dan Perencanaan Digital yang Matang

 

 

kacenews.id-CIREBON- Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H Iing Daiman, membuka kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Layanan Urusan Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Statistik. Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait ini, sebagai upaya untuk mengevaluasi pelaksanaan program-program strategis di bidang kominfo dan statistik di Kota Cirebon.

Related Articles

Dalam sambutannya, Pj Sekda menyampaikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon atas inisiatif pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia mengharapkan monev ini dapat memperkuat wawasan dan mengevaluasi sejauh mana implementasi aturan, ketetapan, dan program terkait kominfo serta statistik di masing-masing unit kerja pemerintah.

Ia juga mengemukakan pentingnya kesadaran terhadap transformasi digital yang tengah masif terjadi. Keterhubungan berbagai sistem elektronik dan komputer, yang kini menjadi satu kesatuan yang kompleks, membawa kemudahan namun juga tantangan dari segi hukum dan sosial.

Iing menyarankan agar perencanaan pembangunan ruang digital harus dilakukan dengan matang, didukung oleh kebijakan yang komprehensif dan infrastruktur yang memadai.

“Perlu perencanaan jangka panjang yang matang, didukung oleh kerangka hukum, kebijakan yang komprehensif, serta infrastruktur yang memadai agar pembangunan ruang digital ini dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Di sisi lain, Pj Sekda juga mengingatkan bahwa pemanfaatan teknologi digital harus semakin optimal untuk mendukung terciptanya pelayanan publik yang efisien, cepat, dan responsif. Menurutnya, kualitas pelayanan publik yang baik adalah salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi dan menjadi barometer kepuasan masyarakat.

“Kegiatan Monev ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengevaluasi dan memperkuat implementasi program-program digitalisasi, terutama dalam mempercepat transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional,’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa,  menyampaikan  tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi penyelenggaraan program Cirebon Satu Data, serta memperkuat pemahaman tentang pentingnya pemanfaatan data makro dan statistik.

“Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi mengenai keamanan informasi, mengingat serangan cyber terhadap website dan aplikasi beberapa bulan terakhir sangat masif,” ucapnya.

Menurutnya, penting melakukan mitigasi terhadap serangan siber yang terus meningkat, serta evaluasi terkait program SPAN Lapor yang menjadi bagian penting dalam pelayanan informasi publik.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi mengenai Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 22 Tahun 2024 tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi. Hal ini diharapkan dapat memperkuat literasi informasi dan mendukung implementasi Cirebon Satu Data yang lebih optimal di masa mendatang.

“Melalui kegiatan ini, kami juga berharap dapat meningkatkan literasi informasi serta memberikan pemahaman lebih dalam mengenai kebijakan pelayanan informasi dan dokumentasi yang ada. Sehingga kualitas pelayanan publik di Kota Cirebon dapat semakin baik,” tuturnya

Sehingga dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta dapat lebih memahami peran dan pentingnya data serta teknologi dalam mempercepat transformasi digital dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Cirebon, demi kesejahteraan masyarakat.(Fa)

 

 

 

Related Articles

Back to top button