Opini

Pentingnya Pendidikan Karakters di Era Digital

Oleh: Khaerudin
Penulis Buku Langkah Kaki

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia pada saat ini, terlebih lagi sekarang kita sedang dihadapkan oleh zaman yang penuh dengan digitalisasi. Setiap aspek yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita hampir semuanya sudah dihubungkan dengan kemajuan teknologi. Begitu canggihnya era sekarang sehingga akses informasi semakin mudah didapatkan oleh siapa saja. Bahkan dalam ranah Pendidikan pun sekarang kita sudah tidak pusing lagi dengan mencari referensi pengetahuan yang ingin kita dapatkan, semuanya bisa kita akses dengan adanya produk dari kemajuan digital ini.
Meski kemajuan teknologi sudah hampir membantu dalam dunia pendidikan dan aspek lainnya, namun kita tak boleh melupakan tentang karakter yang harus dimiliki oleh anak-anak kita yang masih pelajar, bahkan tak terkecuali kita yang saat ini menggunakan produk dari digitalisasi ini. Karena pendidikan karakter yang semakin penting dalam era sekarang. Hal itu disebabkan karena rata-rata cara belajar dan berperilaku seseorang sedikit demi sedikit berubah karena adanya kemajuan teknologi.
Pada era digitalisasi ini, nilai-nilai moral yang diajarkan lewat pendidikan karakter memberikan dampak penting terhadap peserta didik. Dengan begitu peserta didik memiliki dasar nilai yang baik untuk interaksi sosialnya. Nilai-nilai moral yang bisa peserta didik miliki adalah sikap integritas, tanggung jawab, empati, rasa hormat, tolong-menolong, saling menghargai dan lain sebagainya. Itu semua yang akan membekali mereka sehingga menjadi pribadi yang unggul dan tidak akan terbuai dalam keadaan zaman yang semakin berkemajuan.
Pada era digitalisasi seperti sekarang ini, keberhasilan seseorang terutama peserta didik bukan hanya dari memahami pengetahuan secara teoritis, atau praktek secara teknis, melainkan mereka juga harus dapat berinterakasi dengan lingkungan sosial. Interaksi ini dapat dilakukan dengan cara membangun hubungan yang baik. Sebab itulah Pendidikan karakter sangat penting untuk siapa saja di era sekarang.
Di tengah persoalan era digital yang terus menerus datang seperti konten yang dapat kita akses setiap hari semakin cepat, bahkan kecepatan akses informasi tersebut dapat mempengaruhi setiap perilaku orang bahkan dapat merusak nilai-nilai moral dan etika. Itulah sebabnya mengapa penerapan tentang Pendidikan karakter harus diterapkan dengan pendekatan yang tepat dan konten yang relevan untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai tersebut dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut Rukhmana (2024), bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap pendidikan secara signifikan terutama di era seakrang. Memang banyak sekali keuntungan yang bisa ditawarkan dari adanya perkembangan teknologi ini, namun ada sebuah tantangan baru yang akan muncul pada saat bersamaan menggunakannya. Karena pengaruh digitalisasi akan berdampak dalam membentuk karakter pada generasi muda. Oleh sebab itulah pendidikan karakter sangat diperlukan dalam konteks ini, karena teknologi akan mempengaruhi cara interaksi setiap orang.
Beberapa waktu terkahir ini, diskusi tentang pendidikan karakter di era digital semakin berkembang. Maka diperlukan kerja sama diantara kita semua bukan hanya satu dua pihak saja. Mulai dari sistem Pendidikan, orang tua yang mengawasi, dan peserta didik pun yang selalu menjadi objek dalam pelaksanaan tersebut.
Pengajaran tentang pendidikan karakter dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum yang ada di sekolah kemudian dapat di perkuat dengan menggunakan kemajuan teknologi yang ada supaya dapat terbantu aksesnya sehingga bukan hanya diajarkan saat ada di sekolah, namun bisa disalurkan pada saat di luar sekolah. Kemajuan teknologi itu dapat kita dorong perkembangannya dengan tujuan untuk menyeimbangakan antara pengaruh yang ditimbulkan oleh digitalisasi yang akan selalu ada ke depannya.
Salah satunya adalah memanfaatkan platform yang juga dapat membuat para peserta didik selalu terlibat dalam kegiatan yang tujuannya adalah mengajarkan dan menyebarkan nilai-nilai moral serta etika sehingga perkembangan teknologi juga bisa dimanfaatkan dengan optimal bahkan suatu saat nanti akan menjadi lebih positif dan bermanfaat.
Seperti sudah sempat dijelaskan di atas bahwa mengawasi tentang perkembangan digitalisasi di era sekarang bukan hanya tugas satu dua pihak, melainkan juga bagi banyak pihak salah satunya orang tua. Orang tua dan Masyarakat tentu memiliki peranan aktif dalam membantu generasi muda memiliki nilai moral dan etika yang baik di era sekrang. Bahkan contoh serta wejangan yang dapat diberikan dari orang tua kepada anak muda akan menjadi pedoman dalam mengarungi kehidupan mereka.
Selain orang tua, nyatanya masyarakat juga menjadi salah satu subjek yang dapat memberikan pengaruh baik kepada generasi muda. Salah satu contohnya adalah mereka dapat mengajarkan tentang nilai-nilai kebudayaan, tradisi yang ada di Masyarakat tersebut sehingga generasi muda bisa lebih menghargai eksistensi dan keberadaan nilai-nilai lokal yang ada.
Berbicara tentang pendidikan karakter, nyatanya bukan hanya berperan di sekolah saja, lingkungan tentu juga memegang peranan penting dalam memengaruhi karakter setiap individu di dalamnya. Anak muda cenderung sebagai peniru ulung apa yang ada di lingkungannya itulah akan menjadi sebuah karakter yang kemudian melekat pada dirinya. Jadi memang sudah sepatutnya para pendahulu atau lingkungan selalu memberi contoh kepada generasi muda yang akan melanjutkan perjalanan bangs ini di masa depan nanti.
Dalam era digital ini dan mungkin ke depan, perkembangan zaman akan semakin canggih lagi. Teknologi akan menjadi sahabat dekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Oleh sebab itu mulai dari sekarang kita sudah sepatutnya menyiapkan apa saja peralatan yang menunjang untuk menghadapi tantangan ke depan. Salah satunya memiliki nilai moral dan etika yang teguh supaya di mana pun kita menggunakan produk dari teknologi ini kita akan selalu bijaksana menggunakannya.***

Back to top button