CirebonRaya

Ditinjau Pj Bupati Cirebon, Desa Karangwangi Bersiap Hadapi Lomba P2WKSS Tingkat Jabar

 

 

 

kacenews.id-CIREBON-Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, melakukan peninjauan ke Desa Karangwangi Kecamatan Depok, untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi lomba Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2024.

Desa Karangwangi terpilih mewakili Kabupaten Cirebon mengikuti lomba P2WKSS tingkat Jawa Barat.

“Kami melakukan rechecking persiapan penilaian P2WKSS di Desa Karangwangi. Ini adalah langkah penting agar desa bisa berkompetisi dengan baik di tingkat provinsi,” kata Wahyu, Rabu (2/10/2024).

Ia menekankan pentingnya keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam mempersiapkan diri untuk lomba ini.

“Kami ingin memastikan bahwa persiapan di desa sudah matang dan semua yang berkontribusi disini, terutama para ibu, siap berpartisipasi. Harapan kami, program ini tidak hanya berhenti pada lomba, tetapi menjadi landasan keberlanjutan bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya di Desa Karangwangi dan Kabupaten Cirebon,” tuturnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, Hj Eni Suhaeni, mengemukakan program P2WKSS bertujuan memberdayakan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Termasuk bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan hukum.

“Berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi terkait lainnya telah memberikan intervensi di Desa Karangwangi sebagai bagian dari lokus P2WKSS,” katanya.

Ia menyampaikan, evaluasi sementara menunjukkan sekitar 47 persen program telah terealisasi, meskipun ada beberapa kendala terkait penurunan anggaran yang baru akan cair pada triwulan ketiga dan keempat.

Menurutnya, indikator penilaian dalam program ini mencakup berbagai aspek, mulai dari peningkatan pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga pembangunan sarana dan prasarana.

“Jalan desa yang sebelumnya rusak kini sudah diperbaiki, termasuk program rutilahu dan distribusi bibit tanaman untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.(Junaedi)

 

 

Related Articles

Back to top button