Nasional

Bendungan Irigasi Embung Sarwadadi Kabupaten Cirebon Tak Mengering Meski Kemarau

kacenews.id-CIREBON-Bendungan irigasi Embung Sarwadadi yang terletak di Desa Sarwadadi Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon yang di bangun sejak 2001 melalui sawadaya masarakat semakin menunjukkan perannya sebagai solusi  dalam meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

Menurut Nur, seorang penduduk lokal dan petani daerah tersebut, keberadaan bendungan ini sangat penting untuk memastikan ketersediaan air yang cukup bagi lahan pertanian, terutama di musim kemarau panjang.

Bendungan ini dibangun dengan tujuan untuk menampung air hujan dan mengatur aliran air untuk irigasi. Bapak Nur menjelaskan, “Sebelumnya, banyak petani yang kesulitan mendapatkan air saat musim kemarau panjang. Dengan adanya Embung Sarwadadi, kami bisa mengairi sawah secara optimal, sehingga hasil panen meningkat.” ujarnya.

Selain meningkatkan produktivitas pertanian, Embung Sarwadadi juga berfungsi sebagai tempat pemancingan masarakat setempat, Pembangunan bendungan ini tidak hanya berdampak positif bagi petani, tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru.

Banyak warga sekitar yang terlibat dalam proses pemeliharaan dan pengelolaan embung. “Ini memberikan kesempatan kerja dan meningkatkan ekonomi lokal,” ujar Nur.

Dengan potensi yang dimiliki, Embung Sarwadadi diharapkan dapat terus berfungsi dengan baik dan menjadi model bagi pembangunan irigasi di daerah lain.
Masyarakat sekitar pun optimis bahwa keberadaan bendungan ini akan membawa perubahan signifikan dalam sektor pertanian dan kualitas hidup mereka.(Muhamad Tauhid Awaludin)

Related Articles

Back to top button