Pemilu

Nina, Lucky dan Bambang Telah Kembalikan Berkas Perbaikan ke KPU Indramayu

kacenews.id-CIREBON-Tiga pasangan calo bupati dan wakil bupati Indramayu telah mengembalikan berkas yang wajib diperbaiki sesuai batas waktu atau deadline.
Kini, berkas yang diminta oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu untuk dikembalikan sedang dalam proses tahapan verifikasi.
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Indramayu, Zaenal Masduki menjelaskan, ketiga paslon menyerahkan berkas perbaikan sampai batas waktu hari Minggu 7 September 2024.
“Sesuai batas waktu, hari Minggu para paslon mengembalikan berkas yang kami minta untuk diperbaiki,” tutur Zaenal Masduki, Kamis 12 September 2024.
Berdasar catatan KPU, tiga paslon mengembalikan berkas perbaikan sama-sama di hari terakhir batas yang ditentukan, yakni Minggu, 7 Sepember 2024.
Jika sampai hari Minggu tidak tidak menyerahkan berkas perbaikan, sesuai aturan, maka paslon bupati dan wakil bupati terancam gugur dan tidak bisa ikut pemilihan bupati atau Pilbup Indramayu.
Paslon Bambang Hermanto – Kasan Basari (paslon Berkah) yang diusung koalisi Golkar – Gerindra yang pertama menyerahkan berkas perbaikan.
Lalu disusul paslon Lucky Hakim – Syaefudin (Lucky Sae) yang diusung koalisi nasdem dan PKS. terakhir paslon Nina Agustina – Tobroni (Bermartabat) yang diusung koalisi PDIP, PKB, Demokrat dan Perindo.
“Mereka mengembalikan berkas oleh LO (Laision Officer) masing-masing pada hari Minggu sesuai batas akhir jadwal pengembalian,” tutur Zaenal Masduki.
KPU selanjutnya melakukan peneltian berkas dari 6 sampai 14 September 2024. Tahapan berikutnya, tanggal 15 – 18 September 2024, KPU memberi tanggapan atau masukan ke masyarakat terkait berkas para paslon.
KPU menerima masukan atau pengaduan dari masyarakat, dan akan diverifikasis sampai 21 September 2024. Keesokan harinya, 22 September 2024 baru penetapan paslon dan 23 September 2023 pengumuman paslon serta pengambilan nomor urut. “Semua keputusan akan melalui rapat pleno KPU yang dihadiri oleh LO masing-masing paslon,” tutur Zaenal Masduki.(CR)

Related Articles

Back to top button