CirebonRaya

KPU Buka Pendaftaran Pasangan Cawalkot Cirebon

kacenews.id-CIREBON-KPU Kota Cirebon mulai membuka pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Selasa (27/8/2024). Di hari pertama pendaftaran, KPU memastikan belum ada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang mendaftarkan diri.

Hal ini diketahui dari belum adanya surat secara tertulis dari pasangan calon kepada KPU terkait pendaftaran. Surat tersebut harus dikirimkan oleh pasangan calon kepada KPU pada H-1 pendaftaran. Sementara, hingga Senin (26/8/2024) sore, belum ada satupun pasangan calon yang mengirimkan surat tersebut kepada KPU.

“Sampai dengan hari ini, secara tertulis kami belum menerima permohonan dari tim pasangan calon untuk permohonan formulir di Silon,” ujar Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko, usai simulasi pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di gedung KPU Kota Cirebon, Senin (26/8/2024).

Menurutnya, berkas syarat pendaftaran untuk pasangan calon wali kota dan wakil wali kota memang harus diinput di sistem.

“Jika hari ini (kemarin) belum ada yang mengajukan, maka besok (hari ini) belum ada yang mendaftar,” katanya.

Sementara itu, menurutnya, hingga saat ini pihaknya sudah menerima konfirmasi dari dua partai, yaitu NasDem yang mengusung Hj Eti Herawati dan Suhendrik, dan Partai Golkar yang mengusung Effendi Edo dah Hj Siti Farida Rosmawati.

“Partai NasDem kabarnya akan mendaftar pada hari terakhir, yaitu tanggal 29 Agustus pukul 13.00 WIB. Pihak NasDem batu konfirmasi lewat WA. Sementara Partai Golkar, lewat aplikasi Help Desk, akan mendaftar di tanggal 28 Agustus,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya pun sudah menyampaikan kepada tim pasangan calon bahwa jika akan mendaftar maka harus mengirimkan surat secara tertulis pada H-1 pendaftaran.

“Termasuk juga kami minta secara tertulis disebutkan berapa orang yang akan hadir. Pemberitahuan ini dilakukan sehari sebelum pendaftaran, supaya kita bisa tahu siapa yang akan mendaftar besok dan supaya tidak ada jadwal yang bersamaan saat mendaftar,” katanya.

Pendaftaran sendiri akan mulai dibuka pada Senin (27/8/2024), mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Hari kedua, yaitu tanggal 28 Agustus, jamnya juga sama. Sementara di hari ketiga, yaitu tanggal 29 Agustus, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.59 WIB.

“Meski di hari terakhir pendaftaran diperbolehkan hingga pukul 23.59 WIB, tapi kami imbau jangan mendaftar di detik-detik akhir pendaftaran. Yang mau datang untuk mendaftar tidak dibatasi jumlahnya, tapi yang diperbolehkan ikut masuk ke ruangan aula maksimal 30 orang, yang terdiri dari pasangan calon, partai pengusung, juga ketua tim pemenangan. Sementara, yang lainnya dipersilakan menunggu di luar, kami persiapkan tenda,” ujarnya.

Sementara, suasana simulasi pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota berjalan aman dan kondusif.
Menurut Mardeko, simulasi dilakukan agar suasana pendaftaran yang sebenarnya bisa berjalan tertib dan lancer.

“Kami tentunya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya, termasuk pendaftaran,” katanya.(Fan)

Related Articles

Back to top button