Ayumajakuning

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Majalengka Gelar Sosialiasi di CFD

kacenews.id-MAJALENGKA-Menyambut pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka menggelar kegiatan kreatif dan inovatif, guna meningkatkan partisipasi pemilih.

Salah satu sosialisasi yang menarik perhatian masyarakat pada ajang Car Free Day (CFD) di Lapangan GGM Kota Majalengka Minggu, 25 Agustus 2024.

Ketua KPU Majalengka, Teguh Fajar Putra Pratama didampingi jajaran komisioner KPU, para pejabat, staf KPU, PPK hingga PPS turut hadir pada acara tersebut.

Sosialisasi di CFD ini dikemas dengan cara yang unik dan interaktif, dengan memadukan edukasi dan hiburan yang menarik perhatian masyarakat baik dari kalangan anak muda hingga orang dewasa.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Majalengka, H Deden Syaripudin, menjelaskan sosialisasi ini dirancang untuk memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat dengan pola yang menyenangkan.

“Kami ingin masyarakat yang sedang menikmati suasana CFD bisa memahami pentingnya menyalurkan hak pilihnya dan berpartisipasi aktig di Pilkada 2024 sesuai tugas fungsinya masing masing,” ujar mantan Pengurus Himmaka Bandung ini.

Deden juga menekankan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya KPU untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Pihaknya juga mengaku selain menggelar kegiatan CFD, KPU Majalengka juga telah melaksanakan sosialisasi di sekolah-sekolah, tempat ibadah, dan komunitas seni di seluruh Kabupaten Majalengka.

Selain itu pula pihaknya juga telah menerapkan strategi door-to-door untuk menyampaikan informasi Pilkada hingga ke pelosok desa se Kabupaten Majalengka.

“Termasuk kerjasama dengan teman teman media massa dan penyebaran program melalui media sosial. Ini digunakan sebagai strategi untuk menyebarluaskan informasi lebih luas, hingga diharapkan dapat menjangkau semua segmen masyarakat,”katanya.

Selain itu, Ketua KPU Majalengka, Fajar Putra Pratama, menambahkan bahwa KPU saat ini telah mengumumkan jadwal penting terkait tahapan Pilkada 2024.

Terkait pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024. Rangkaiannya di antaranya tes kesehatan bagi para calon kepala daerah yang mendaftar pada 30 hingga 31 Agustus 2024.

“Pemeriksaan ini diharapkan dapat memastikan setiap calon yang berkompetisi memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan,”tuturnya.

Sementara itu, Ketua PPK Majalengka, Den Yudha, menyampaikan bahwa pihaknya bersama tim KPU secara rutin mengunjungi rumah-rumah warga untuk memberikan informasi langsung terkait pelaksanaan dan tahapan Pilkada Serentak 2024.

“Kami ingin memastikan bahwa tidak ada warga Majalengka yang terlewat dari informasi ini. Sosialisasi ini bukan hanya soal mengajak orang datang ke TPS, tapi juga memberi pemahaman tentang pentingnya memilih pemimpin yang tepat,” ujar Den Yudha.

Antusiasme masyarakat terhadap kehadiran KPU di CFD Majalengka pun sangat tinggi. Dwi Putri (27), seorang mahasiswa asal Sumberjaya yang sedang berolahraga di CFD, mengaku terkejut dan senang dengan cara KPU menyampaikan informasi terkait Pilkada.

“Saya datang ke CFD biasanya untuk olahraga, tapi kali ini saya jadi tahu banyak hal tentang Pilkada. Cara KPU ini asyik, nggak cuma ngomong, tapi ada games dan doorprize juga,” tutup Dwi. (Jejep/KC)

Related Articles

Back to top button