CirebonRaya

BMKG Jawa Barat: Cirebon Masih Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

CIREBON – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat mengeluarkan rilis prediksi cuaca satu minggu ke depan (27 Februari – 5 Maret 2023), Minggu (26/2/2023). Dalam sepekan ke depan, diprakirakan beberapa fenomena masih berpengaruh terhadap pembentukan awan yang dapat mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Jawa Barat.

Aliran massa udara dingin dari Asia (monsun Asia) dominan masuk ke wilayah Indonesia bagian barat sehingga angin di wilayah Jawa Barat masih didominasi oleh angin baratan; terpantau Pusat Tekanan Rendah terpantau di Australia bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di perairan barat daya Lampung – selatan Jawa Tengah; serta kondisi labilitas lokal di sebagian wilayah Jawa Barat masih cukup signifikan.

Faktor-faktor tersebut mendukung potensi
pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.
Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, dan model probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terdapat di sebagian kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat untuk sepekan ke depan.

Sedangkan potensi hujan sangat lebat hingga ekstrem yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah berikut ini:

Senin, 27 Februari 2023, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.

Selasa, 28 Februari 2023, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon.

Rabu, 1 Maret 2023, Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten
Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, dan Kabupaten Garut.

Kamis, 2 Maret 2023, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, dan Kabupaten Garut.

Jum’at, 3 Maret 2023, Kabupaten dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten dan Kota Cirebon, dan Kabupaten Kuningan.

Sabtu, 4 Maret 2023, Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten
Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, dan Kabupaten Garut.

Minggu, 5 Maret 2023, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Pihaknya merekomendasikan, kepada masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya hujan lebat dan atau peningkatan kecepatan angin yang bersifat lokal di sebagian wilayah Jawa Barat. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, dapat langsung menghubungi Forecaster on duty Stasiun Klimatologi Jawa Barat di nomor whatsapp
0818-0794-6210.(Jaka/Rilis) 

 

Related Articles

Back to top button