Pemilu

Siti Farida Handoyo Maju Dalam Bursa Pilwalkot

kacenews.id-CIREBON-Tokoh pengusaha wanita yang merupakan Owner Restoran Seafood Bandar Djakarta Cirebon, Hj. Siti Farida Handoyo memutuskan maju dalam bursa Pemilihan Wali Kota Cirebon 2024.

Langkahnya terjun dalam dunia politik melalui bursa Pemilihan Wali Kota Cirebon 2024 sudah mendapat restu dan dukungan dari keluarga. Salah satu visinya adalah membangun ekonomi masyarakat di tengah tantangan global dampak dari krisis energi, ketegangan geopolitik dan perang teknologi.

“Niat saya ibadah, membangun ekonomi masyarakat, tidak ada praktek KKN dan mencari ridha Allah Swt,” tutur Hj. Siti Farida Handoyo mengawali bincang-bincang dengan Kabar Cirebon, Kamis, 8 Agustus 2024.

Menurut Siti Farida, pemerintah daerah memiliki andil yang sangat besar dalam membangun ekonomi masyarakat. Karenanya, arah kebijakan harus berpihak pada pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Saya sudah keliling kota, keliling RW, ya cukup prihatin dengan kondisi ekonomi masyarakat di samping persoalan infrastruktur jalan. Kemudian juga masalah kesehatan seperti stunting, lingkungan, pendidikan, banjir dan banyak lagi. Persoalan-persoalan itu, makin meneguhkan saya untuk berbuat lebih besar, maju melalui bursa Pemilihan Wali Kota Cirebon tahun 2024 memperjuangkan hak yang harus diperoleh masyarakat,” tuturnya.

Ketika disinggung soal partai politik, Siti Faridah mengaku sudah banyak partai politik yang siap mengusung dan mendukung. Namun, yang paling intensif adalah PKB. Apalagi, bagi PKB, Siti Farida bukan sosok yang asing.

Karenanya, PKB salah satu partai yang siap mengusung Siti Farida maju dalam bursa Pilwalkot Cirebon 2024. “Komunikasi dengan partai politik sudah berjalan, dari PKB, Golkar, PAN, PPP dan Hanura. Prinsip saya adalah membangun silaturahmi. Jadi tidak ada lawan, semua kawan, semua saudara,” tuturnya.

Munculnya nama Siti Farida maju dalam bursa Pilwalkot Cirebon 2024 cukup menggemparkan dunia politik di Kota Cirebon. Dengan demikian, ada tiga tokoh wanita yang berkompetisi dalam Pilwalkot Cirebon 2024 yakni Eti Herawati, Fitria dan kini Siti Farida.

Ketika disinggung soal risiko yang akan dihadapi karena dunia politik penuh dengan intrik, Siti Farida menyatakan setiap manusia sejak lahir pasti punya masalah. Karenanya, masalah itu selalu ada.

“Secara mental Insyaa Allah, sudah siap, Bismillah. Bagi saya, dunia politik dengan usaha itu, tidak jauh berbeda. Di dunia usaha juga ada unsur politik. Ada politik dagang, bagaimana membangun strategi bisnis dan banyak lagi,”

“Saya sudah 27 tahun membangun usaha dengan suami, yang namanya masalah itu selalu ada, baik menyangkut SDM, supplier, semua yang berhubungan dengan bisnis. Menghadapi karakter orang yang berbeda, bersaing merebut pasar, itu semua politik. Tapi kita harus berada di dalam role yang benar. Politik cantik tapi tapi bersih. Persaingan sehat, dan semua sahabat tidak ada lawan,” katanya.

Disinggung apakah ia maju sebagai calon wali kota atau wakil wali kota, Siti Farida mengaku pertanyaan-pertanyaan tersebut banyak ia terima. Namun, ia memilih maju sebagai bakal calon wakil wali kota Cirebon. Dan saat ini, salah satu bakal calon wali kota yang intensif membangun komunikasi dengan dirinya adalah Efendi Edo dari Golkar.

Hj. Siti Farida Handoyo merupakan sosok pengusaha yang banyak berkiprah membantu masyarakat kecil. Bersama suaminya, H. Handoyo, sebagian besar keuntungan usaha disalurkan untuk honor marbot masjid, guru pengajian, memberangkatkan umroh beberapa orang masyarakat tiap tahun, honor pengurus gereja dan tempat ibadah agama lainnya.

Ia juga membangun Rumah Tahfidz Siti Farida melalui Musala Baitul Ridha, menjadi ibu asuh anak-anak didik umah tahfidz.(Lif/KC)

Related Articles

Back to top button