Ayumajakuning

Warem Goa Macan Gempol Kabupaten Cirebon Ditertibkan

kacenews.id-CIREBON-Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon melalui Satpol-PP mengandeng PLN, Forkopimcam dan Pemerintah Desa (Pemdes) Palimanan Barat untuk melakukan pemotongan listrik pada bangunan warung remang-remang (Warem) Goa Macan, Blok Karangbaru, Desa Palimanan Barat Kecamatan Gempol, Selasa (30/7/2024).

Pemotongan arus listrik dilakukan sebagai persiapan untuk dilaksanakannya penertiban pada 25 Warem yang akan digelar pada Rabu (31/7/2024) pagi.

“Sesuai jadwal. Hari ini kita lakukan pemutusan arus listrik dan pencabutan KWH oleh PLN dengan didampingi oleh unsur Forkopimcam dan Satpol-PP,” kata Kasat Pol PP Imam Ustadi yang disampaikan oleh Kasi Operasi dan Pengendalian (Opdal), Wisma Wijaya.

Puluhan petugas juga melakukan pengecekan satu-persatu bangunan yang sudah diberikan tanda akan ditertibkan. Ternyata, sebagaian besar bangunan sudah menyadari dan melakukan pembongkaran sendiri, hingga melakukan pemutusan listrik sendiri.

Kendati demikian, ada pula bangunan Warem yang utuh, hanya ditinggalkan pemiliknya. Bangunan yang utuh itu, kemudian meteran listriknya (KWH) dilakukan pemutusan oleh petugas PLN. “Alhamdulillah tadi berjalan lancar dan kondusif,” katanya.

Di tempat yang sama, Kadira selaku Sekdes Palimanan Barat mengatakan, bangunan yang digunakan buat warung remang-remang ada sebanyak 25 unit. Namun, sebagian besar sudah menyadari dan membongkar sendiri.

“Total ada 25 Warem. Sekarang, yang sudah bongkar secara mandiri itu ada 18 Warem. Jadi sekitar tujuh Warem lagi,” katanya.

Ia mengatakan, dari 25 warem yang hendak dibongkar itu. PLN dan Pemdes telah memutus delapan aliran listrik dan juga mengambil KWHnya dari Warem yang masih berdiri.

“Kegiatan pemutusan aliran listrik tadi ada delapan Warem, yang diputuskan dan diambil KWHnya. Sementara sisanya, dengan sadar telah memutus sendiri aliran listrik dan KWHnya,” katanya.

Kadira juga menyampaikan situasi kamtibmas di wilayah Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol masih kondusif. Karena pembongkaran Warem atas usulan dari masyarakat setempat.

“Alhamdulillah sejauh ini kondusif, karena penertiban ini berdasarkan ajuan masyarakat Desa Palimanan Barat yang sudah menghendaki adanya pembongkaran Warem Goa Macan tersebut,” katanya.(Junaedi)

Related Articles

Back to top button