Pendidikan

Cecep Resmikan Universitas Sindang Kasih Majalengka

kacenews.id-MAJALENGKA-Sebuah tonggak sejarah baru dalam dunia pendidikan di Kabupaten Majalengka tercipta saat Prof. Dr. Cecep Sumarna secara resmi meresmikan Universitas Sindang Kasih (USK) Majalengka pada Kamis, 4 Juli 2024.

Launching nama kampus itu berlangsung di Jl. Kasokandel, Kecamatan Kasokandel ini dihadiri berbagai kalangan, mulai dari perwakilan kampus dan dosen se-Kabupaten Majalengka, mahasiswa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, hingga para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka.

Universitas Sindang Kasih Majalengka sendiri merupakan hasil penggabungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yasika serta Akademi Keperawatan (Akper) YPIB Majalengka, yang disetujui berdasarkan SK Kemendikbudristek RI No: 372/E/O/2024.

Penggabungan ini diharapkan dapat menciptakan sinergi baru yang lebih kuat dan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks.

Visi dan Harapan Universitas Sindang Kasih Majalengka

Dalam sambutannya, Rektor USK Majalengka, Prof. Dr. Cecep Sumarna M.Ag, menyampaikan harapannya agar kampus yang baru diresmikan ini dapat memberikan manfaat besar bagi bangsa dan negara.

“Kami berharap lulusan USK nantinya tidak hanya cerdas secara akademis, namun juga memiliki kemampuan bergerak dan berkontribusi secara nyata dalam masyarakat,” paparnya.

“Termasuk dalam diam pun, para lulusan kami diharapkan mampu terus bergerak menuju titik kebahagiaan masyarakat,” tambahnya.

Guru besar diberbagai kampus di Jawa Barat ini mengungkapkan, bahwa universitas ini berdiri dengan tujuan menetapkan visi hidup yang memberikan manfaat untuk terus bergerak dan berkembang maju.

“Insha Allah, kita pun akan membangun kampus kedua di Kecamatan Sumberjaya. Mohon doanya agar dapat terwujud dalam beberapa tahun ke depan,” katanya.

Ketua Dewan Pertimbangan USK Majalengka, Dr. Syahril Chaniago M.BA, mengutarakan harapannya agar Universitas Sindang Kasih Majalengka terus berkembang pesat dan mampu menjalin sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah dan semua pihak.

“Harapan saya, semoga universitas ini dapat memberikan manfaat dan mencerdaskan generasi muda, serta berkontribusi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” ucapnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri S.Pd, M.T IPU, mengapresiasi kehadiran kampus USK di Majalengka ini.

Dia berharap universitas yang dinakhodai Prof Cecep ini dapat melahirkan para agent of social change yang berperan aktif dalam memajukan Kabupaten Majalengka dan manfaat bagi masyarakat lainnya.

Ia pun berharap rencana pembangunan kampus dua di Kecamatan Sumberjaya segera terwujud, karena kampus yang banyak itu ibarat menara gadingnya sebuah peradaban.

Ia pun mengingatkan pentingnya agar kampus USK memproduksi sarjana yang produktif, bukan hanya sekadar lulusan. Namun juga memberikan pendidikan berkualitas, serta sukses dalam membangun peradaban di Jawa Barat dan Indonesia.

“Kampus yang baik harus memiliki tata kelola yang baik dalam segala hal dan menghasilkan lulusan yang produktif,”paparnya.

Strategi dan Masa Depan Pendidikan di Majalengka

Sekretaris Daerah Majalengka, H. Eman Suherman, menyatakan optimismenya terhadap masa depan Majalengka dengan adanya Universitas Sindang Kasih.

“Majalengka akan memiliki strategi yang lebih baik untuk maju dan berkembang, terutama dengan munculnya kawasan Rebana Jabar Selatan. Kehadiran perguruan tinggi seperti USK sangat penting untuk mencetak tenaga kerja terampil yang dapat berkontribusi pada pembangunan daerah,” ujarnya.

Menurut dia, kawasan Rebana di Jabar Selatan sangat membutuhkan tenaga profesional yang mampu menjadi motor penggerak kemajuan. “Dengan semakin banyaknya kampus di Majalengka, kita berharap dapat mencetak sarjana-sarjana yang produktif dan siap bersaing di dunia kerja,” tambahnya.(Jep)

Related Articles

Back to top button