CirebonRaya

BPJS Keliling Mudahkan Warga Adidharma Urus Administrasi Kepesertaan JKN

 

 

kacenews.id-CIREBON- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cirebon kembali melaksanakan kegiatan BPJS Keliling atau  Mobile Customer Service (MCS) di Kantor Desa Adidharma, Kecamatan Gunung Jati, Selasa (25/6/2024).

Kegiatan  ini dilaksanakan bersamaan dengan Safari Keliling Adminduk 2024 yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon Adi Darmawan mengungkapkan BPJS Keliling merupakan salah satu layanan yang sedang dioptimalkan oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Program tersebut untuk menjangkau masyarakat yang tempat tinggalnya berada jauh dari kantor BPJS Kesehatan terdekat,” katanya.

Menurutnya melalui layanan BPJS Keliling ini, masyarakat yang berada di sekitar wilayah program tersebut dapat mengakses pelayanan administrasi kepesertaan, serta pelayanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta JKN.

“Beberapa pelayanan yang dapat dilakukan di BPJS Keliling yaitu pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat mulai dari pendaftaran, perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, pengecekan keaktifan peserta, konsultasi dan informasi, skrining riwayat kesehatan serta melakukan registrasi aplikasi Mobile JKN,” tuturnya.

Ia menyampaikan kegiatan BPJS Keliling secara rutin dilakukan dan dijadwalkan keliling setiap harinya di tempat-tempat tertentu mulai dari instansi pemerintah, fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, hingga beberapa titik strategis untuk menjangkau layanan kepada masyarakat seperti di kelurahan ataupun desa yang aksesnya cukup jauh ke kantor BPJS Kesehatan.

“Semoga melalui kegiatan BPJS Kesehatan keliling dapat semakin mempermudah akses layanan bagi peserta JKN,” ucapnya.

Ia berharap program ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak untuk dapat memastikan layanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN di Kabupaten Cirebon dapat berjalan dengan mudah cepat dan setara.

Bahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dan administrasi layanan kesehatan hanya dengan digunakannya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai salah satu identitas peserta JKN saat mengakses pelayanan.

“Cepat dalam antrean, pelayanan di fasilitas kesehatan baik itu pelayanan medis, tindakan medis, pelayanan obat serta respons pelayanan informasi dan pengaduan. Setara yang berarti tidak terdapat perbedaan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

Lebih lanjut, kata Adi, hadirnya layanan BPJS Keliling itu pun mendapatkan respons positif dari masyarakat sekitar. Hal tersebut dibuktikan dengan cukup banyaknya masyarakat yang datang ke lokasi layanan BPJS Keliling di Desa Adidharma.

Sementara itu, Kuwu Desa Adidharma, Suharto Hekso mengapresiasi BPJS Kesehatan yang sudah mempermudah warganya untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Antusisme masyarakat cukup tinggi dan respon sangat positif terkait layana Mobil keliling BPJS Kesehatan,” katanya.

Ia menyebut warga Desa Adidharma  kurang lebih ada 6.500 penduduk. Bahkan hampir 100 persen warganya sudah menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

“Dengan adanya BPJS Kesehatan, warganya sangat terbantu ketika membutuhkan layanan kesehatan, dan hampir 10 persen warga Desa Adidharma masuk ke Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah,” katanya.(Junaedi)

 

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button