Saba Desa

Pemdes Karangmekar Lelang Garap 27 Hektare Tanah Bengkok

CIREBON-Pemerintah Desa (Pemdes) Karangmekar Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon, membentuk panitia lelang tanah titisara dan tanah bengkok.

Kuwu Desa Karangmekar, Rusmanto mengatakan, lelang tanah secara terbuka akan dilaksanakan satu pekan mendatang dengan mengundang masyarakat setempat. “Sekitar 27 hektar tanah yang akan digarap warga melalui lelang nanti,” katanya usai acara di balai desa setempat, Senin (20/2/2023).

Ketua FKKC kecamatan setempat ini menjelaskan, setiap tahun pihak desa mengadakan lelang secara terbuka bagi warga yang menginginkan garap sawah desa dan hasil lelang tersebut, untuk kesejahteraan perangkat dan lembaga desa juga untuk program gratis PBB bagi warga sekaligus untuk peringatan hari besar nasional.

“Kami laksanakan sesuai prosedur dan aturan mengenai lelang tanah titisara dan tanah bengkok,” jelasnya.

Masih dikatakan Rusmanto, lelang yang diadakan setiap tahun ini sebagai bentuk keterbukaan pihak desa pada warga yang ingin menggarap sawah dan kepedulian pihak desa pada perangkat dan lembaga desa, agar sejahtera, guna meningkatkan pelayanan masyarakat. “Yang diutamakan warga setempat, bila tidak ada yang berminat ditawarkan pada masyarakat luar desa,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, dukungan masyarakat dalam mensukseskan program desa. Salah satunya, gratis PBB bagi warga yang kurang mampu. “Dari masyarakat untuk masyarakat. Artinya, uang yang didapat dari lelang, dikembalikan pada warga yang membutuhkan melalui PBB maupun kegiatan lain,” pungkas kuwu dua periode ini.(Supra/KC)

Related Articles

Back to top button