Finansial

Tingkatkan Literasi, UPN Veteran dan DPMD Indramayu Gelar Pelatihan

kacenews.id-INDRAMAYU-Dalam rangka meningkatkan literasi digital, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Selasa-Rabu (28-29/5/2024) menggelar pelatihan literasi digitalisasi kepada para kader PKK, pelaku UMKM dan Karang Taruna.

Dosen Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta, Widya Cholil mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian yang memang skema dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta ini dilakukan setiap tahun melalui skema kerjasama nasional.

Salah satu tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran atas keamanan informasi melalui digital kepada masyarakat.
“Mengingat saat ini internet sudah menjadi kebutuhan, semoga pelatihan ini dapat bermanfaat dan dipahami bagi para peserta sebagai pegangan,” tutur Widya, Rabu (29/5/2024).

Sementara itu, Plt Kepala DPMD Kabupaten Indramayu, H.Jajang Sudrajat melalui Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa, Kadmidi menyampaikan, kegiatan ini cukup bagus untuk meningkatkan literasi digital pada desa, termasuk para kader desa dan pelaku UMKM di desa.

Tujuannya, memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat dan bagaimana transformasi digital ini membentuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengdigitalisasian terhadap potensi yang ada di desa. “Kegiatan ini merupakan kerjasama kolaborasi tindaklanjut antara Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta dengan DPMD,” ujarnya.

Menurut Kadmidi, kedepannya pelaksanaan kegiatan, baik pengabdian kepada masyarakat maupun penelitian yang dilakukan oleh para dosen tersebut terus memberikan pendampingan kepada desa terkait dengan pengembangan digitalisasi.

Hal itu, untuk peningkatan pelayanan maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat dan desa. Sehingga, kegiatan ini benar-benar mempunyai manfaat bagi peningkatan pelayanan maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan digitalisasi.

“Kami berharap, kepada para peserta agar dapat menindaklanjuti ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan untuk digunakan di lapangan. Sebagai tindaklanjut dan pengembangan pelatihan, bagi dosen maupun peneliti agar dapat melakukan pendampingan bagi desa-desa yang mengirimkan pesertanya pada pelatihan tersebut,” pungkasnya.(Rat)

Back to top button