CirebonRaya

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Sebut Rp 70 Miliar Dana Pilkada Dipastikan Aman

kacenews.id-CIREBON-Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Karnia Puspawati, menegaskan bahwa anggaran dana Pilkada Kabupaten Cirebon telah dipastikan aman. Penegasan ini disampaikan setelah pertemuan dengan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon.

“Dana pilkada sudah selesai dan difinalisasi. Total sebesar Rp 70 miliar sudah tersedia dan telah dicairkan, tinggal menunggu pencairan tahap kedua,” ungkapnya, Rabu (29/5/2024).

Esya menjelaskan bahwa pada tahap pertama, dana sebesar Rp 28 miliar telah dicairkan, sementara sisanya sebesar Rp 42 miliar akan segera disalurkan.

Ia menegaskan bahwa anggaran sebesar Rp 70 miliar tersebut khusus untuk penyelenggaraan oleh KPU, sedangkan Bawaslu memiliki alokasi dana tersendiri.

Menyikapi pertanyaan mengenai waktu pencairan tahap kedua, Esya menyatakan bahwa berdasarkan informasi dari pihak keuangan, pencairan tahap kedua diperkirakan akan dilakukan pada akhir Juni atau awal Juli, sesuai dengan ketentuan yang mengharuskan pencairan dana lima bulan sebelum tahapan Pilkada.

Esya menekankan bahwa pertemuan dengan Ketua DPRD tidak berhubungan dengan pencairan dana, melainkan sebagai bagian dari silaturahmi biasa. Bahasan utama pertemuan tersebut adalah seputar tahapan Pilkada yang telah dilakukan hingga saat ini.

Dia juga menjelaskan bahwa pertemuan antara pimpinan KPU dengan DPRD telah dijadwalkan sejak beberapa waktu sebelumnya, namun baru dapat direalisasikan pada saat ini.

Selain itu, Esya menegaskan bahwa agenda pertemuan KPU tidak hanya dengan DPRD, tetapi juga telah dijadwalkan dengan Pj Bupati, dengan jadwal yang padat. Setelah pertemuan dengan DPRD, agenda selanjutnya adalah bertemu dengan Pj Bupati.(Mail)

Related Articles

Back to top button