CirebonRaya

Sawah Sering Dilanda Banjir, Warga Suranenggala Gotong Royong Lakukan Normalisasi Saluran Irigasi Kebayanan

 

 

kacenews.id-CIREBON-Aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Suranenggala, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan petani melaksanakan normalisasi saluran Irigasi Kebayanan, Desa Suranenggala, Kecamatan Suranenggala, Minggu (26/5/2024).

Kegiatan normalisasi dilakukan menggunakan alat berat dengan cara mengeruk tanah di dalam irigasi, agar tidak dangkal.

Kuwu Suranenggala, Rasidin mengungkapkan, kegiatan normalisasi tersebut merupakan tindak lanjut dari keluhan para petani. Pasalnya sawah di wilayah sebelah barat Desa Suranenggala kerap kali dilanda banjir saat musim hujan, dikarenakan Irigasi Kebayanan yang dangkal.

“Petani mengeluh sawahnya sering banjir. Bahkan untuk penyemaian atau tabur benih bisa dua sampai tiga kali, karena kebanjiran. Makanya, mereka mengusulkan ke kami, minta untuk normalisasi Irigasi Kebayanan, agar tidak kebanjiran,” tuturnya.

Menurutnya, dengan normalisasi irigasi tersebut, diharapkan permasalahan petani selesai. Begitu pula sawah yang berlokasi di sebelah timur Desa Suranenggala, yang sering kekurangan air saat musim kemarau datang. Sehingga petani hanya bisa tanam satu kali dalam satu tahun.

“Kami harap dengan normalisasi ini, sawah yang di sebelah timur Desa Suranenggala ada gerakan tanam dua kali. Karena akan musim kemarau, cepatlah tanam agar bisa dua kali panen,” ucapnya.

Ia berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon dan instansi terkait untuk memberikan solusi terkait keluhan petani. Karena mayoritas mata pencarian warga Desa Suranenggala adalah petani.

“Keberhasilan pertanian menentukan ekonomi kita, karena mayoritas masyarakat petani. Kalau panen gagal, ekonomi kita lemah. Kalau panen bisa dua kali, ekonomi stabil,” katanya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Suranenggala, Wiharta mendukung kegiatan normalisasi Irigasi Kebayanan yang dilakukan oleh Pemdes Suranenggala.

“Dengan adanya normalisasi, mudah-mudahan ke depan petani sebelah timur bisa seimbang dan petani mendapatkan hasil panen yang lebih baik,” katanya.(Junaedi)

 

 

 

Related Articles

Back to top button