CirebonRaya

Dimulai dari Kota Cirebon, Cycling de Jabar 2024 Gairahkan Potensi Wisata dan Perekonomian Daerah

 

kacenews.id-CIREBON-Kota Cirebon menjadi lokasi start pelaksanaan Cycling de Jabar 2024, di depan Kantor Balai Kota Cirebon, Sabtu (25/5/2024). Kegiatan yang diikuti 202 peserta ini menempuh total jarak sejauh 213 kilometer, dari Cirebon hingga Pangandaran.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengungkapkan, kawasan Jabar utara khususnya Ciayumajakuning memiliki pariwisata yang tidak kalah menarik dibandingkan Jabar selatan. Potensi pariwisatanya meliputi wisata alam, sejarah, religi, budaya, dan kuliner.

“Secara infrastruktur dan akses juga sudah ada,  baik melalui jalur darat dan udara, termasuk tol Cisumdawu dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka,” katanya.

Menurutnya,  Cycling de Jabar dilaksanakan untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Jawa Barat. Selain itu, ajang balap sepeda ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner dan oleh-oleh. Sehingga beberapa desa wisata dan destinasi sport tourism di wilayah utara dan timur juga akan semakin dikenal.

“Setiap daerah punya ciri khas masing-masing, baik itu kuliner dan tempat wisatanya. Semoga kegiatan ini dapat mendongrak kunjungan wisatawan ke Jawa Barat, khususnya wilayah utara dan juga meningkatkan perekonomian,” katanya.

Pj Wali Kota Cirebon H Agus Mulyadi menyampaikan terima kasih karena Kota Cirebon ditunjuk sebagai lokasi start pelaksanaan Cycling de Jabar 2024.

“Atas nama Pemda Kota Cirebon, saya ucapkan terima kasih. Sebuah kehormatan, Kota Cirebon menjadi titik start kegiatan Cycling de Jabar 2024, semoga menjadi agenda tetap,” ucapnya.

Ia  berharap dengan adanya even ini, kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon semakin meningkat, hal ini sesuai dengan target Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

“Ini momentum penting untuk mendorong potensi wisata dan meningkatkan perekonomian daerah. Kami optimistis akan ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon,” tuturnya.

Sementara itu, Cycling de Jabar 2024 dengan mengusung tema “Sumanget Jawara” ini para peserta melintasi Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Kemudian menuju kawasan Jabar selatan melalui Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis serta berakhir di Grand Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.(Cimot)

 

 

 

Related Articles

Back to top button