Ayumajakuning

Jalan Santai dan Kolosal Angklung Meriahkan Puncak Hardiknas Kabupaten Cirebon

kacenews.id-KUNINGAN-Acara puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2024 dipusatkan di kawasan Kuningan Islamic Center (KIC) Jalan Soekarno-Hatta Desa Winduherang Kecamatan Cigugur atau tidak jauh dari Perumahan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kelurahan Cigintung Kecamatan Kuningan, Minggu (19/5/2024).

Momen penting tersebut mengusung tema, ‘Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar’. Dan rangkaian kegiatannya beranekaragam karena tidak hanya melibatkan ribuan guru, siswa serta pegawai lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) saja, melainkan juga masyarakat umum.

Kegiatannya diawali dengan pelepasan jalan sehat yang dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, H. Raden Iip Hidajat didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), H. Dian Rachmat Yanuar dan Kepala Disdikbud, Uu Kusmana beserta jajaran pejabat Disdikbud.
Rutenya tidak terlalu jauh tetapi cukup membuat ribuan peserta berkeringat dan menikmati pemandangan di jalur setempat.
Karena berjalan kaki dimulai dari depan Gapura KIC, berjalan ke sebelah kiri melintasi Rumah Makan Ma’nioh dan Kopi Hawu menuju pertigaan Jalan Baru Cirendang dan kembali berputar ke KIC.

Sesampainya di lokasi, mereka dapat beristirahat sambil menikmati hiburan musik yang telah disiapkan panitia setempat dengan menampilkan artis-artis bintang pantura. Tapi banyak yang pula melihat-lihat hasil panen karya pendidikan yang sengaja dipamerkan supaya kalayak umum tahu berbagai keberhasilan dunia pendidikan.

Ditambah lagi, berharap-harap cemas menunggu kupon undian doorprize jalan santai karena panitia Hardiknas menyediakan hadiah-hadiah cukup menarik.

Di antaranya, beberapa unit sepeda motor listrik, satu unit kulkas, satu unit mesin cuci, satu unit sepeda gunung, satu unit handphone, sejumlah kipas angin, setrika, ricecooker, blender dan alat-alat rumah tangga lainnya.

Tidak kalah menarik lainnya adalah penampilan kolosal Angklung. Kegiatan tersebut dipandu oleh instruktur dari atas panggung, ribuan murid taman kanak-kanak (TK), murid sekolah dasar (SD) dan siswa sekolah menengah pertama (SMP) beserta gurunya serta ibu-ibu Darma Wanita Persatuan (DWP) Disdikbud menunjukan kebolehan.

Kepala Disdikbud Kabupaten Kuningan, Uu Kusmana mengatakan, selaras dengan peningkatan mutu untuk mengakselerasikan Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan, maka pihaknya terus menggaungkan ‘Beu Sakola dan Ngamulule Angklung Beu’.
Tujuannya meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya pendidikan serta mewujudkan semangat belajar yang menyenangkan dan membanggakan.

Sepertihalnya Angklung yang merupakan warisan budaya dunia asal Kuningan. “Alhamdulillah. Antusias para guru dan siswa serta masyarakat umum cukup tinggi dalam pelaksanaan acara puncak Hardiknas tahun sekarang. Hal itu dilihat dari membludaknya peserta yang hadir di lokasi kegiatan,” ujarnya.

Pj Bupati Kuningan, H. Raden Iip Hidajat berharap, peringatan Hardiknas menjadi momentum untuk terus memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan. Mari bersama-sama berkomitmen mencerdaskan kehidupan bangsa demi masa depan Indonesia terutama Kabupaten Kuningan yang lebih baik.(Ya)

Back to top button