Ayumajakuning

Konvoi Belasan Jep Meriahkan Rangkain HUT Majalengka

kacenews.idMAJALENGKA-Belasan mobil jip keluaran Tahun 1969 dan 1970 konvoi membawa sejumlah veteran dan pensiunan guru SMA Negeri I Majalengka, yang dinisiasi Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi untuk memeriahkan rangkaian acara Mieling (Ulang Tahun) Kabupaten Majalengka, Sabtu (18/5/2024) pagi.

Veteran lainnya yang tidak terangkut mobil jip, menaiki bus Majalengka On Tourism Elok Kota Raharja (Motekar), melaju di belakang jip, konvoi dari Pendopo Majalengjka menuju Lapangan Gelanggang Generasi Muda (GGM), kemudian mengarah ke Bundaran Cigasong, dan kembali finish di Pendopo Bupati Majalengka.

Kendaraan jip dikemudikan pemiliknya, ada juga yang dikemudikan veteran TNI AD, dibelakang dan dibagian samping veteran berseragam lengkat serta PI Bupati Majalengka Dedi Supandi bersama istri Erlita Supandi mengenakan pakaian khas pejuang.

Dikendaraan lain Sekda Majalengka Eman Suherman bersama istri, Iim Suherman yang juga mengenakan baju setelah pejuang.

Konvoi kendaraan jip ini menarik perhatian masyarakat yang berjejer di sepanjang ruas jalan Abdul halim Majalengka, karena kendaraan jip yang antik – antik berkonvoi terlebih dinaiki para veteran berseragam lengkap di Majalengka.

Dedi Supandi mengatakan, konvoi kendraan jip sengaja mengajak para veteran serta purnabakti furu SMA Negeri I Majalengka tempatnya dulu sekolah dengan alasan ingin menunjukkan kalau Majalengka adalah, kota kreatif dan kota yang ramah lansia.

“Sayangnya karena mobil jip terbatas, akhirnya kami membatasi jumlah peserta konvoi hanya 40 orang saja, hanya perwakilan yang ikut serta,” ungkap Dedi Supandi.

Untuk menunjukan kota Majalengka sebagai kota yang ramah lansia, Dedi berencana membangun berbagai fasilitas yang ramah lansia, berupa taman yang bisa dimanfaatkan untuk para lansia bersantai, berolah raga yang bisa berkumpul melepas kerinduan dan menyambut bahagia.

“Masa lansia harus bahagia, kami akan memfasiliatsi pembangunan taman lansia agar para lansia nyaman beraktivitas,” katanya.

Untuk pembangunan taman yang ramah lansia ini menurut Dedi sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Majalengka.

Disampaikan Dedi, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah program yang melibatkan kalangan lansia di Majalengka diantaranya saja perihal keagamaan, pendidikan dan kesehatan agar dalam menjalani masa tua tetap sehat dan bahagia.

“Karena para lansia juga ingin kesehatannya terjamin, para lansia bisa berbagi pengalaman maupun mengajar pendidikan budi pekerti kepada generasi muda. Bagaimana budi pekerti tertanam pada jiwa setiap orang,” ujar Dedi Supandi.

Sementara anggota LVRI Suwaryo mengaku bahagia bisa dilibatkan dalam kegiatan yang diselenggarakan Pj Bupati Majalengka, karena sejak pensiun pada 2015 baru kali ini dilibatkan di kegiatan Pemerintah Daerah Majalengka.

“Pemkab Majalengka bersedia merangkul kalangan lansia seperti saya, untuk terlibat aktif pada acara seperti ini,” ungkap Suwaryo.

Pada kesempatan tersebut, diapun menyampaikan harapannya Pemerintah Kabupaten Majalengka bersedia merenovasi Gedung Juang, tempat berkumpulnya para veteran, sebuah gedung peninggalan Belanda.

Gedung tersebut kondisinya kini memprihatinkan, atapnya sudah bocor dan sebagian temboknya rusak.

Dedi Supandi ingin semua bisa terawat, makanya di ulang tahun Majalengka ia mengambil tema “Panceg Pageuh Ngarumat Majalengka “.(Ta)

Back to top button