Pemilu

PDIP Kunjungi Partai Gerindra, Jajaki Kemungkinan Koalisi di Pilkada Kuningan

 

 

 

kacenews.id-KUNINGAN-Jajaran pejabat teras Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Kuningan bersilaturahmi ke sekretariat DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di Jalan Ciharendong Kelurahan Cirendang Kecamatan Kuningan, Senin (6/5/2024).

Kedua petinggi pengurus partai besar tersebut membahas penjajagan koalisi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kuningan yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, dengan proses pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupatinya pada Agustus 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Seperti diketahui PDIP Kabupaten Kuningan merupakan juara bertahan di pemilihan legislatif (Pileg) selama 6 kali selalu yang terbanyak perolehan kursi keterwakilan anggota dewannya serta 4 kali pasangan calon kandidatnya menduduki kursi empuk sebagai bupati sejak era mantan Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda hingga sekarang.

Kemudian Partai Gerindra memiliki H. Prabowo Subianto yang telah ditetapkan sebagai calon Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2024-2029. Sehingga apabila terjadi koalisi kedua partai bersangkutan, maka akan semakin kuat sekaligus bisa menjadi lawan kuat bagi pasangan kepala daerah yang diusung partai lainnya.

Sementara itu, hasil Pileg 2024, PDIP Kabupaten Kuningan tetap bertahan dengan perolehan 9 kursi keterwakilan anggota dewan. Sedangkan Partai Gerindra meloloskan 6 kursi legislative, sehingga jika dijumlahkan totalnya 15 kursi. Jumlah ini sudah mencukupi untuk mencalonkan pasangan bupati dan wakil bupati.

“Iya betul, sesuai berita yang berkembang, kami memang telah berkunjung ke DPC Partai Gerindra untuk membahas penjajakan koalisi pilkada. Apalagi calon bupati dari PDIP akan segera mengikuti fit and proper test di DPD PDIP Jawa Barat,” kata Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy, Selasa (7/5/2024).

Sementara itu, nama yang santer dari kalangan birokrat aktif yang akan mencalonkan sebagai bupati adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kuningan, H. Dian Rachmat Yanuar. Meski masa pensiunnya masih sekitar 4 tahun lagi tapi sosoknya sudah dilirik sekaligus ditetapkan oleh Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai Bakal Calon Bupati Kuningan.

Ketua Dewan Pimpinan Korps Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia (DP Korpri) tersebut juga telah mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati Kuningan ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia merupakan anak dari pendiri sekaligus mantan Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan, H. Sukardi.

Pada pileg lalu, Partai Golkar Kabupaten Kuningan berhasil meloloskan kader-kader terbaiknya untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode 2024-2029 sebanyak 7 kursi. Begitu pula, PKB sebanyak 8 kursi sehingga jika digabungkan menjadi 15 kursi. (Ya)

Related Articles

Back to top button