AyumajakuningSabiwirhiji

Harus Kaya Ide dan Inovasi, Diskatan Dituntut Wujudkan Ketahanan Pangan

KUNINGAN, (KacenewsID).-Seluruh personel Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Diskatan) Kabupaten Kuningan dituntut untuk melakukan inovasi-inovasi baru   dalam rangka mewujudkan katahanan,  ketersediaan pangan dan peningkatan hasil pertanian lainnya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar dihadapan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Diskatan dalam pembinaan apel pagi di halaman kantor setempat, Kamis (16/2/2023).

“Kami harapkan Diskatan ini memunculkan gagasan atau  ide yang terasa langsung oleh masyarakat. Birokrasi itu tidak hanya sekadar di atas kertas dan dibelakang meja, namun ide atau gagasan tersebut bisa muncul dari lingkungan sekitar.Saya mengajak secara bersama-sama serta kompak melakukan terobosan, dalam peningkatan produksi pertanian,” katanya.

Menurutnya,  Diskatan  merupakan bagian terbesar sebagai ujung tombak dalam menjaga ketahanan pangan, dengan menjamin ketersedian dan keterjangkauan pangan. Sehingga dalam perjalanannya perlu dukungan dari perangkat daerah lainnya, seperti dengan membangun saluran irigasi, ketersediaan bibit dan pupuk bagi para petani dan penunjang lainnya.

“Tetap semangat dengan menjaga terus spirit bekerja dari waktu ke waktu di tengah keterbatasan dengan memunculkan kreasi dan inovasi ke arah perubahan yang lebih baik. Lakukan tanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu para petani dalam upaya meningkatkan hasil panennya,” katanya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai yang telah konsisten mengikuti apel pagi, sebagai cek kesiapan kekuatan sebelum melaksanakan pekerjaan. Hal itu untuk wujudkan Kuningan Makmur, Agamis, dan Pinunjul (Maju) Berbasis Desa Tahun 2023, yang salah satu   misi nya fokus terhadap pertanian dan kearifan lokal. Yakni mewujudkan pembangunan kawasan perdesaan berbasis pertanian, wisata, budaya dan potensi lokal untuk mempercepat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi rakyat.

“Sehingga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Kabupaten Kuningan tercapai sesuai target,” ucapnya.(Emsul)

 

Related Articles

Back to top button