Pendidikan

Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Berprestasi di MTQ Nasional

 

 

 

Related Articles

kacenews.id-CIREBON.- Mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Ahmad Wildan Sya’bani menorehkan prestasi gemilang dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional, pada Kamis-Jumat (21-22/3/2024)

Kegiatan ini yang dilaksanakan dalam rangkaian “Gema Ramadan 1455 H” diselenggarakan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sekaligus penanggung jawab kegiatan.

Wildan yang sudah menduduki semester 8 dan sebentar lagi akan melaksanakan sidang munaqasyah sebagai tahap akhir untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan, telah menunjukkan bakatnya dalam tilawah Alquran sejak menjadi mahasiswa. Dukungan dari pimpinan jurusan membuatnya mendaftar dalam perlombaan MTQ nasional yang diselenggarakan secara online oleh jurusan PGMI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Meskipun awalnya kurang antusias karena ingin fokus pada persiapan sidang munaqasyah, Wildan akhirnya menerima dorongan untuk mendaftar. Keberuntungan memihak kepadanya, dengan persiapan lomba yang singkat, Wildan berhasil menjuarai lomba MTQ nasional. Dia menjadi peserta terbaik di antara 20 peserta lain dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia. Dia berhasil mengalahkan dua finalis lainnya, yaitu M. Yusriz Shobid Qolbi dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Nur Fitriani dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Dekan FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon  H. Saifuddin menyampaikan rasa bahagia dan bangganya atas prestasi Wildan. Ia menyebut bahwa Wildan telah memberikan yang terbaik, meskipun tengah menghadapi ujian munaqasyah.

Ketua Jurusan PAI, Siti Maryam Munjiat mengungkapkan prestasi  ini merupakan hadiah berharga bagi jurusan PAI. Dia juga menekankan perlunya dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan dosen-dosen PAI, dalam membimbing minat dan bakat para mahasiswa.

“Untuk HMJ, terus support kegiatan seperti ini, untuk tetap berpartisipasi kapanpun dalam ajang perlombaan. Karena kegiatan ini sangat relevan dengan Perkin Dekan FITK dan dalam mempersiapkan jurusan PAI menuju akreditasi internasional,” katanya.

Menurutnya, prestasi yang diraih oleh Ahmad Wildan Sya’bani tidak hanya menjadi kebanggaan bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan jurusan PAI. Sekaligus menjadi contoh yang sangat baik bagi mahasiswa lain.

“Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan berprestasi dalam bidangnya masing-masing,” tuturnya.(Fa)

 

 

 

Related Articles

Back to top button