Ayumajakuning

KBIHU SI Kuningan Siap Fasilitasi Dana Talangan Haji

 

 

 

Related Articles

kacenews.id-KUNINGAN-Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Syiarul Islam (KBIHU SI) Kabupaten Kuningan siap memfasilitasi dana talangan  untuk  biaya pemberangkatan ibadah haji (Bipih) dan  pendaftaran hingga memperoleh nomor  porsi sebagai calon haji.

“Kami (KBIH SI) mulai musim haji 2024 siap untuk memfasilitasi dana talangan bagi calon jemaah haji. Syaratnya sangat mudah, cukup melampirkan foto kopi KTP, nomor handphon dan administrasi Rp 1 juta. Setelah dua hari akan ada panggilan untuk mendapat nomor porsi sebagai calon haji,” kata Ketua KBIHU SI Kabupaten Kuningan, KH Emus Musthopa, dalam kegiatan manasik haji susulan di Masjid  Agung Syiarul Islam, Sabtu (10/2/2024).

Menurutnya,  dana talangan haji ini sempat bergulir beberapa tahun dan berakhir pada  2016. Namun tahun berikutnya tidak dibuka lagi oleh bank yang ditunjuk. Sehingga KBIH SI berupaya untuk memfasilitasi data talangan tersebut sebesar Rp 25 juta, sebagai  upaya membantu masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji tersebut.

“Alhamdulillah, calon haji di KBIH SI tinggal beberapa orang lagi yang akan melakukan pelunasan. Mereka tinggal melakukan kegiatan bimbingan manasik haji yang dilakukan di tingkat kecamatan dan kabupaten. Sebab kegiatan latihan manasik untuk praktik lapangan dan teori yang dilakukan secara rutin oleh KBIHU SI sudah selesai. Para jemaah calon haji tinggal menunggu pengumuman-pengemuman terkait persiapan hingga pemberangkatan,” tuturnya.

Ia menyampaikan, untuk bimbingan manasik haji berikutnya  akan ditangani oleh KUA, dengan lokasi di salah satu kecamatan yang jemaahnya lebih banyak. Misalnya, apabila calon haji terbanyak dari Kecamatan Kadugede, maka  dipastikan bimbingan manasik tingkat kecamatan bertempat di Kecamatan Kadugede.

Kemudian  untuk manasik tingkat kabupaten dijadwalkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuningan, dengan peserta dari berbagai kecamatan.

 Sementara itu, tidak seperti tahun sebelumnya yang  diberlakukan sistem zonasi, pada musim haji 2024/1445 H KBIHU boleh menerima  calon jemaah dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Kuningan.

“Alhamdulillah, seluruh jemaah calon haji KBIHU SI sudah memenuh persyaratan. Selanjutnya tinggal menunggu pengumuman untuk berbagai  persiapan demi kelancaran pemberangkatan,” ucapnya. (Emsul)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ReplyForward

Add reaction

 

Related Articles

Back to top button