Ayumajakuning

Peringatan Isra Miraj di Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan, Jadi Momentum Berintrospeksi Diri

 

 

 

kacenews.id-KUNINGAN-Peringatan Isra Miraj yang diperingati setiap tahun hendaknya dapat menjadi momentum positif  untuk melakukan introspeksi diri, dalam  peningkatan persatuan dan kesatuan di antara umat Islam.

“Kita harus terus menerus memperkuat persatuan umat Islam. Dalam hal ini harus sama-sama mencegah supaya persatuan umat Islam tidak rusak oleh persoalan-persoalan perbedaan khilafiah dan kepentingan politik lainnya,” kata Pejabat (Pj) Bupati Kuningan, H Raden Iip Hidayat, dalam acara peringatan Isra Miraj  di Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan, Rabu (7/2/2024).

Menurutnya,  dengan kenyataan dan harapan itulah pihaknya mengimbau umat Islam untuk terus memperbaiki sikap dan perilaku dalam hidup ini, dengan diawali niat dan tekad untuk memperbaiki cara hidup masing-masing, sebagai orang yang percaya pada kebenaran ajaran Islam sesuai diajarkan oleh Rasulullah Saw sejak 14 abad silam.

“Setiap ajaran Islam yang disampaikan pada kita, seharusnya dapat digunakan sebagai satu-satunya pedoman di dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jangan lagi kita berpegang pada hal-hal yang kurang baik sehingga menjadi dosa. Maka bersumberlah pada Alquran dan Hadits serta ijma para ulama,” katanya.

Sementara itu, mubaligh KH Aripin menyampaikan, pejalanan Isra Miraj Nabi Muhammad Saw  menuju Sidrotul Muntaha dilakukan hanya beberapa menit saja. Sehingga kaum Kafir Qurais pada saat itu tidak percaya akan kejadian yang menakjubkan tersebut. Apalagi  Nabi itu memiliki mukzizat cukup banyak, tidak hanya dapat mengeluarkan air dari sela-sela jarinya secara berulang terjadi di beberapa tempat.

Sehingga dengan berbagai mukzizat Nabai Muhammad Saw  diharapkan dapat meningkatkan iman dan takwa bagi pangikutnya pada saat itu hingga sekarang. Termasuk mendapat perintah langsung untuk melaksanakan ibadah salat.

“Melalui perintah salat selama sehari semalam sebanyak 17 rakaat dilakukan sehari semalam lima waktu merupakan perintah langsung dari Allah Saw, yang wajib dilaksanakan oleh umat Baginda Rasululullah Saw hingga saat ini,” tuturnya.

Ketua DKM Syiarul Islam (SI) Kuningan, HR Yayan Sofyan, mengemukakan, kegiatan peringatan  Isra Miraj ini dilaksanakan berkat kerja sama DKM SI dengan Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan serta tidak terlepas dari peran serta jemaah pengajian Reboan Masjid Agung Syiarul Islam.

“Melalui peringatan Isra Miraj ini diharapkan dapat meningkatkan amal ibadah sesuai yang dicontohkan Rasulullah Saw, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, demi mencapai kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat,”ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Asisten Daerah 1 Setda Kabupaten Kuningan, H Toni Kusumanto, Kabag Kesra H Nunung Nurjati, Ketua MUI KH Dodo Syarif Hidaytullah,  unsur Forkopimda, para kepala SKPD, camat dan lainnya. (Emsul)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button