CirebonRaya

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Sejumlah Petani Cirebon dan Indramayu Dapat Bantuan Traktor dari Kementan

 

 

 

kacenews.id-CIREBON-Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan bantuan 11 unit traktor roda dua kepada petani di Cirebon dan Indramayu. Hal ini untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian di wilayah tersebut.

Pada kesempatan tersebut bantuan dari Kementan ini diserahkan secara simbolis oleh Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Hj Selly Andriany Gantina.

Selly mengemukakan, bantuan traktor ini merupakan komitmen pemerintah untuk memperkuat sektor pertanian, terlebih Indramayu juga merupakan lumbung pangan Jawa Barat dan nasional.

“Semoga bantuan ini akan meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas dan produktivitas pertanian, khususnya di tengah tantangan cuaca yang semakin sulit diprediksi serta persaingan pasar yang semakin ketat,” katanya.

Ia mengakui, pihaknya menerima beberapa keluhan dari petani, seperti ketersediaan air dan pupuk. Keduanya sangat vital untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Meskipun keberadaan Waduk Jatigede selalu menjadi tumpuan ketersediaan air bersih, namun nyatanya petani masih kesulitan,” ujarnya.

Kemudian  pupuk, kata Selly, Indramayu sebagai lumbung pangan nasional, ternyata tidak ada pabrik pupuk. Terdekat pabrik ada di Subang, namun tetap saja mengalami kendala.

“Aspirasi ini akan disampaikan kepada pemerintah pusat. Bahkan Presiden Prabowo Subianto, saat ini memiliki program yang memperhatikan petani, salah satunya pemutihan utang bagi petani yang bermasalah dengan bank,” katanya.

Pada kesempatan dialog tersebut, Selly berpesan, agar petani di Indramayu dan Cirebon memiliki regenerasi, baik anak maupun saudara.

“Saya titip, buat para petani untuk bisa mengajak anak-anaknya belajar bertani agar ada regenerasi. Tentunya untuk mempertahankan Indramayu dan Cirebon yang masuk lumbung pangan,” katanya.

Menurutnya, keberpihakan dan perhatian kepada petani merupakan arahan Puan Maharani, di internal Fraksi PDI Perjuangan maupun sebagai ketua DPR RI.

Sementara itu,  para petani yang menerima bantuan ini sangat antusiasme dan menyampaikan rasa terima kasih mereka.

Salah satu petani dari Kecamatan Terisi Indramayu, Misad menyampaikan, dengan adanya traktor baru ini, proses pengolahan lahan akan menjadi lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih hemat.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah dan Ibu Selly, karena telah merealisasikan bantuan para petani. Traktor ini tentu sangat membantu produktivitas pertanian,” katanya.(Junaedi)

 

 

Related Articles

Back to top button