Ragam

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Festival Pesisir Jadi Agenda Tahunan Kota Cirebon

kacenews.id-CIREBON-Ribuan warga Kota Cirebon dan sekitarnya memadati kawasan Gedung BAT untuk menyaksikan Festival Pesisir atau Pesta Laut (Nadran) Cirebon, Sabtu (26/10/2024).

Kegiatan tahunan tersebut diikuti tiga kampung yang berada di Pesisir Kota Cirebon, yakni Kampung Samadikun, Pesisir, dan Cangkol.

Sebelum melakukan ritual di tengah laut, sejumlah hasil kreativitas warga seperti ogoh-ogoh, perahu nelayan dan sebagainya dari ketiga kampung tersebut diarak dari BAT hingga menuju ke masing-masing lokasi dari ketiga kampung itu.

Di lokasi, kapal kayu yang berisikan sesaji hingga kepala kerbau dilarungkan ke tengah laut. Acara tak sampai di situ, pesta laut ini juga menggelar pertunjukan wayang kulit di malam harinya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengemukakan acara tersebut digelar untuk menyatukan ketiga kampung di Pesisir Kota Cirebon dalam perayaan sedekah laut. Sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur para warga di pesisir atas hasil tangkapan para nelayan selama mencari ikan di laut.

“Kita menyatukan potensi dari masing-masing kampung, biasanya mereka hanya merayakan di kampung masing-masing saja, hari ini kita satukan semua,” katanya.

Menurutnya,  warga dari tiga kampung itu melakukan karnaval dengan membuat ogoh-ogoh atau boneka raksasa hasil karya dari para warga.

“Kalau kita lihat kreativitas masing-masing kampung ini sangat luar biasa, mereka secara swadaya bikin ogoh-ogoh dan  sebagainya,” ujarnya.

Ia menyampaikan,  Disbudpar Kota Cirebon akan memasukan sedekah laut tersebut ke dalam agenda tahunan Kota Cirebon untuk menarik minat wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

“Untuk tahun depan kita rancang sebagai atraksi pariwisata untuk mengundang wisatawan domestik maupun internasional,”katanya.(Jak) 

 

Related Articles

Back to top button