Ayumajakuning

KPU Tak Mau Beresiko, Debat Pilbup Indramayu Digelar Satu Kali di Bandung

kacenews.id-INDRAMAYU-Debat Pemilihan Bupati Indramayu diputuskan hanya satu kali. Itupun tempat pelaksanaan, rencananya tidak di Indramayu, namun digelar di Kota Bandung.
Informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu, Minggu 27 Oktober 2024, menetapkan jadwal debat Pilbup Indramayu pada 4 November 2024 mendatang.
“Dengan berbagai pertimbangan, KPU menetapkan debat cabup Indramayu hanya satu kali dan digelar di Kota Bandung,” tutur Divisi Parmas dan SDM KPU Indramayu, Munawaroh.
Untuk tempat, KPU rencananya menggunakan Ballroom di Holiday Inn, Kota Bandung. Debat akan disiarkan secara langsung di TVRI maupun Kanal YouTube KPU Indramayu.
“Meski di Bandung, debat bisa dilihat masyarakat Indramayu secara luas karena akan disiarkan langsung oleh TVRI,” tutur Munawaroh.
Dijelaskan, sesuai peraturan KPU (PKPU), masing-masing KPU diwajibkan menggelat debat para calon kepala daerah antara 1 sampai 3 kali.
Semua bergantung pada kemampuan masing-masing KPU. Untuk KPU Indramayu,akhirnya diputuskan hanya menggelar 1 kali debat pilbup. “Di Jabar, tidak hanya Indramayu, ada lima daerah yang menggelar debat hanya 1 kali,” tutur Munawaroh.
Mengenai tempat debat, KPU Indramayu memutuskan di Bandung. Hal ini berdasar beberapa alasan, diantaranya faktor keamanan.
“Faktor keamanan. Dikhawatirkan saat debat akan datang banyak massa pendukung sehingga berpotensi terhadap keamanan,” tutur Munawaroh.
Pertimbangan lain, di Indramayu dinilai tidak ada tempat representatif untuk debat dalam pilbup.
Di sisi lain, pihak TVRI, meminta ada tempat yang kedap suara agar siaran langsung lebih maksimal.
Alasan KPU cukup membingungkan. Sebab, Indramayu pernah melaksanakan 4 kali pilbup secara langsung, dan selalu ada sesi debat calon yang digelar di daerah setempat.
Bahkan pada Pilbup Indramayu sebelumnya, debat sampai digelar lebih dari satu kali seperti pada Pilbup 2014 di aula Wisma Haji. Pada debat Pilkada 2019 yang berbarengan dengan pandemi Covid 19, debat digelar di sebuah stasiun televisi di Kota Cirebon.(CR)

Related Articles

Back to top button