CirebonRaya

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Kabupaten Cirebon Gencar Sosialisasikan Pentingnya Adminduk

 

kacenews.id-CIREBON-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, melakukan sosialisasi administrasi kependudukan (adminduk) di Kecamatan Karangsembung, Rabu (23/10/2024).

Kegiatan yang dihadiri perwakilan masing-masing desa di Kecamatan Karangsembung, Lemahabang dan Karangwareng ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat luas.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Iman Supriadi mengemukakan, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat. Termasuk melakukan sosialiasi kepada perangkat desa, untuk kemudian ditindaklanjuti kepada warga.

“Segera melaporkan perubahan dalam status keluarga yag meninggal maupun adanya penambahan keluarga,” katanya.

Menurutnya, sosiasasi ini sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada perangkat desa mengenai pentingnya administrasi kependudukan bagi masyarakat. Karena dengan memiliki surat kependudukan seperti KTP dan KK juga akte kelahiran, akan memudahkan mendapatkan berbagai pelayanan. Seperti BPJS Kesehatan dan bantuan sosial.

“Dengan adanya perubahan status dalam KK dan KTP, untuk memudahkan yang bersangkutan mendapatkan program dan lainnya. Agar tidak terburu-buru, ketika dibutuhkan,” katanya.

Iman menyampaikan, kesadaran masyarakat yang tinggi untuk mengurus adminduk sangat diperlukan guna mencegah hal yang tidak diinginkan. Misalnya orang sakit yang memerlukan identitas terbaru, maka lebih baik melaporkan dengan segera, jika ada perubahan dalam keluarga.

“Kami terus lakukan jemput bola ke pusat untuk blangko KTP dan masih ada dana hibah, untuk ketersediaan blangko KTP. Diperkirakan hingga akhir tahun masih tersedia,” katanya.(Su)

 

 

Related Articles

Back to top button