Finansial

Pj Wali Kota Cirebon: Aksi Penyelamatan Pangan Jadi Prioritas Pemerintah Daerah

kacenews.id-Pj Wali Kota Cirebon, H Agus Mulyadi menghadiri acara peluncuran buku Teladan Bijak Kelola Susut dan Sisa Pangan yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Acara ini juga menjadi momen apresiasi bagi pemerintah daerah yang memiliki komitmen dalam penyelamatan pangan. Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota menyampaikan pentingnya aksi penyelamatan pangan sebagai salah satu prioritas pemerintah daerah.

“Aksi penyelamatan pangan, ketahanan pangan bagian dari prioritas, selain sisi produksi yang terus kita dorong. Dari sisi konsumsi, kita juga melakukan berbagai langkah untuk menyelamatkan pangan, dengan pengawasan dari dinas terkait yang terus memantau dan memberikan contoh pada kegiatan-kegiatan di pemerintah maupun masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah membentuk kader pangan di masyarakat dan sekolah. Sosialisasi yang dilakukan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti TP PKK, untuk mengurangi limbah pangan secara sistematis.

“Kami berharap masyarakat dapat memiliki persepsi yang tepat tentang kebutuhan pangan, sehingga konsumsi dapat diukur dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN/Bappenas, Jarot Indarto, menyampaikan bahwa pengurangan susut dan sisa pangan merupakan salah satu tujuan global dalam kerangka Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Pengurangan susut dan sisa pangan menjadi tujuan global di dalam kerangka SDGs, terutama diarahkan untuk membentuk pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan,” ujar Jarot.

Menurut Jarot, perilaku membuang dan boros mengonsumsi pangan berdampak signifikan terhadap tingkat susut dan sisa pangan di Indonesia. Berdasarkan data Bappenas, Indonesia menghasilkan susut dan sisa pangan sebesar 115-185 kilogram per orang per tahun selama periode 2000-2019.

Jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan pangan hingga 47 persen masyarakat Indonesia. Jarot juga mendorong adanya kolaborasi antarpemangku kepentingan dalam pengelolaan susut dan sisa pangan.

“Kami mengapresiasi pemerintah daerah yang telah melakukan kegiatan-kegiatan nyata dalam pengelolaan susut dan sisa pangan. Langkah-langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi pelaku lain dalam mengadopsi praktik pengelolaan yang baik,” katanya.

Di momen yang sama, Pj Wali Kota Cirebon menerima apresiasi atas komitmennya dalam pengelolaan susut dan sisa pangan, diharapkan langkah-langkah yang diambil pemerintah daerah dapat terus menjadi teladan bagi masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan di tingkat lokal maupun nasional.(Cimot)

Related Articles

Back to top button