Ragam

Beragam Kesenian Nusantara Bakal Meriahkan Milad Ke-8 Laskar Agung Macan Ali di Alun-alun Sangkala Buana Keraton Kasepuhan Cirebon

kacenews.id-CIREBONLaskar Agung Macan Ali Nuswantara akan menggelar perayaan Milad Ke-8 di Alun-alun Sangkala Buana Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (26/10/2024).

Selain kegiatan sosial, dalam peringatan ini  juga akan menampilkan berbagai kesenian khas Cirebon dan Nusantara seperti Tari Barong dari Bali, Tari Tortor dari Batak, Debus dari Banten dan Reog Ponorogo.

“Kirab Budaya Nusantara akan dimulai dari Balai Kota menuju Alun-Alun Sangkala Buana, diakhiri dengan Haul Akbar Panembahan Giriloyo, yang merupakan panembahan terakhir Kasultanan Cirebon,” kata Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Nuswantara, Prabu Diaz, Selasa (22/10/2024).

Menurutnya, Milad kali ini pun istimewa karena akan dihadiri oleh dua Bante (Biksu) dari Kerajaan Thailand serta sejumlah tokoh penting seperti Laksamana Sumarsono dan Pangdam III Siliwangi yang baru.

“Dalam rangkaian Milad ini berbagai kegiatan sosial dan budaya telah disiapkan. Kami juga akan membagikan alat salat seperti sarung, baju koko, kopiah, dan mukena kepada 100 anak yatim piatu. Selain itu, kami juga mendonasikan Alquran dan hadiah untuk perlombaan Adzan Pitu dalam peringatan Hari Santri Nasional,” tuturnya.

Ia menyebutkan, rangkaian acara Milad juga akan diisi dengan pengukuhan wakil Panglima Tinggi dan Panglima Otonom, serta pemberian penghargaan kepada 10 individu yang berjasa dalam perkembangan Laskar Agung Macan Ali selama delapan tahun terakhir.

“Acara ini terbuka untuk umum dan diperkirakan akan dihadiri oleh 200 kiai dari sejumlah desa, terutama dari wilayah Ciayumajakuning. Semoga berjalan dengan lancar,” ucapnya.(Jak) 

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button