Nasional

Harapan Baru Kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Figur Prabowo Subianto

kacenews.id-CIREBON-Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 pada Minggu (20/10/2024) di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.
Pelantikan ini menjadi babak baru bagi Indonesia, membawa harapan besar bagi seluruh rakyat, termasuk masyarakat Kabupaten Cirebon yang menantikan gebrakan baru dalam pemerintahan.

Prabowo sendiri lahir di Jakarta, pada 17 Oktober 1951. Kini, di usia 73 tahun lebih 3 hari, pada 20 Oktober 2014, Minggu, putra berdarah Banyumas dan Wong Ngapak ini resmi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia ke 8.
Selain berdarah Wong Ngapak Banyumas, setengah dari tubuh Prabowo berdarah Minahasa, Sulawesi Utara, dari garis ibundanya, Dora Marie Sigar yang juga masih mengalir darah Belanda.
Prabowo merupakan putra sulung pasangan Soemitro dan Dora Marie Sigar. Ia anak kedua keluarga yang dikenal sebagai ekonom tersebut.
Memiliki seorang kakak bernama Biantiningsih Miderawati Ejojohadikusumo. Kemudian adik bernama Hasyim Djojohadikusumo.
Prabowo menikah dengan salah satu putri Presiden kedua Indonesia, Soeharto pada tahun 1983 dan dikaruniai seorang anak, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo (Didiet).
Karier politiknya diawali dengan memasuki Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1970 dan menjadi Tentara Naisonal Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD), lulus tahun 1974.
Pasca reformasi 1998, Prabowo pensiun dengan pangkat sebagai Letnan Jendral (Letjen) dengan pangkat bintang tiga. Ia pernah menjadi Danjen Kopassus dan Pangkostrad.
Setelah sempat tinggal lama di Yordania, di era Presiden Megawati, tahun 2002, Prabowo dipanggil pulang ke Indonesia. Ia mulai kembali akif di Partai Golkar.
Gagal dalam konvensi Partai Golkar menjelang Pemilihan Presiden 2004, Prabowo lantas mendirikan Partai Gerakan Rakyat Indonesia Raya atau Gerindra.
Pada Pilpres 2009, maju sebagai Wakil Presiden bersama Capres, Megawati Soekarno Putri. Namun gagal karena dikalahkan pasangan Capres-Cawapres petahana, Susilo Bambang Yudhoyono – Boediono.
Pada Pilpres 2014, Praboo kembali maju sebagai capres. Kali ini berpasangan dengan Hatta Rajasa dari PAN. Namun kalah dari pasangan Joko Widodo (Jokowi) – HM Jusuf Kalla.
Tak patah arang, tahun 2019, Prabowo kembali maju sebagai capres. Berpasangan dengan Sandiaga Uno.Namun kembali menelan kekalahan oleh paslon petahana Jokowi-KH Maruf Amin.
Pilpres 2024, menjadi puncak karier politik Prabowo. Setelah berdamai dengan Jokowi dan menempati posisi sebagai Menteri Pertahanan dari tahun 2019-2024, Prabowo maju sebagai capres berpasangan dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.
Pada Pilpres 2014 yang pemungutan suaranya Februari 2024, Prabowo-Gibran memenangkan pertarungan ingga Minggu hari ini, 20 Oktober resmi dilantik sebagai Presiden RI ke 8 berpasagan dengan Gibran sebagai Wapresnya.(CR)

Back to top button