CirebonRaya

Hari Jadi Ke-31 Tahun, IMK Cirebon Buktikan Eksistensi Bidang Sosial Pendidikan

Kacenews.id-CIREBON-Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon baru saja merayakan hari jadinya yang ke-31 tahun, Kamis (10/10/2024). Selama tiga dekade, organisasi ini telah membuktikan eksistensinya dengan berbagai kegiatan positif terutama dalam bidang sosial dan pendidikan.

Ketua IMK Wilayah Cirebon, Komarudin Humaedi, mengungkapkan bahwa pencapaian terbesar organisasi ini adalah kontribusi aktif para anggotanya dalam berbagai kegiatan pemerintahan. “Kader-kader IMK bisa berkontribusi dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan atau agenda yang diadakan oleh pemerintahan,” ujar Komar saat dihubungi melalui WhatsApp.

Lebih lanjut, Komar menjelaskan bahwa IMK telah berhasil mencetak alumni yang berkiprah di berbagai sektor. “Alhamdulillah alumni IMK bisa berkontribusi untuk daerah Kabupaten Kuningan, yang dimana banyak tersebar luas alumni, yang dari mulai rektor (ada alumni kami yang jadi rektor Universitas Muhammadiyah Kuningan), ada yang menjadi kepala sekolah, ada yang bekerja di dinas-dinas dan ada banyak pengusaha-pengusaha muda yang terlahir dari IMK itu sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, IMK juga aktif dalam kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat. “Kalo bicara momen paling berkesan selama menjadi bagian dari IMK adalah ketika saya bersama teman-teman yang lain mengabdikan diri dalam kegiatan bakti sosial,” kenang Komar.

Dalam upaya mengembangkan potensi mahasiswa Kuningan yang kuliah di Cirebon, IMK juga memberikan berbagai pelatihan dan pembinaan. “Agar mahasiswa Kuningan yang kuliah di Cirebon bisa berkontribusi buat masyarakat dengan mengamalkan tri dharma perguruan tinggi,” kata Komar.

Meskipun demikian, IMK juga menghadapi tantangan, terutama dalam menghadapi era digital. “Tantangan terbesar yang dihadapi IMK Wilayah Cirebon saat ini adalah yang dimana kita semua sudah memasuki era transformasi digital,” ungkap Komar.

Menurut Komar, salah satu faktor yang membuat IMK tetap solid hingga saat ini adalah semangat kekeluargaan yang tinggi di antara anggotanya. “Hal-hal yang bikin betah itu sendiri adalah dengan kekeluargaan yang begitu hangat,” ujar Komar.

Selain itu, IMK Cirebon juga sering mengadakan berbagai kegiatan untuk mempererat tali silaturahmi. “Kita sering mengadakan kegiatan-kegiatan, entah itu sebulan sekali, ataupun seminggu sekali. Jadi, adanya pertemuan kegiatan itu membuat chemistry kita menjadi lebih kuat lagi dan lebih kompak lagi,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Komar memberikan pesan kepada seluruh anggota IMK. “Jangan lupa teman-teman untuk terus menjadi pribadi yang belajar, berproses, berperan agar teman-teman lebih semangat lagi dalam belajar,” pesannya.(Muhamad Hijar Ardiansah)

Related Articles

Back to top button