Pendidikan

30 Peserta Guru BK SMP di Kuningan Ikuti Kegiatan Pengabdian Berbasis Masyarakat

kacenews.id-KUNINGAN-Sebanyak 30 peserta terdiri dari Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP mengikuti kegiatan pengabdian berbasih masyarakat yang diselenggarakan tim PKM Unisa berlangsung di Wisma Permata selama dua hari, berakhir.

Kegiatan yang melibat Guru BK sebanyak itu, keterwakilan lima gugus masing-masing gugus sebanyak enam orang dengan jumlah seluruhnya mencapai 30 orang. Mereka meliputi Gugus Kuningan Kota, Gugus Kadugede, Gugus Ciawigebang, Gugus Cilimus dan Gugus Luragung.

Keterwakilan status guru tersebut terdiri dari PNS, P3K, THL dan Sukwan. Keterwakilan background pendidikan berfokus pada guru non BK (guru mata pelajaran yang ditugaskan sebagai guru BK).

Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Kuningan, Abidin. Dalam kesempatan tersebut hadir, Rektor Unisa Nurul Iman Hima Amrullah, Kepala LPPM Yogi Iskandar, dan Koordinator BK MKKS SMP Kabupaten Kuningan, Ade Supardi, yang juga Kepala SMPN 1 Nusaherang.

Sementara, Ketua Pengusul PKM, Setiana, mengemukakan, bahwa dalam kegiatan ini para narasumber menyampaikan materi juga memberikan pelatihan aplikasi mobile-Strenghts Based Guidance and Counseling (m-SBGC) yang dikemas dalam bentuk Diklat. Hal ini bertujuan agar adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi para guru BK sebagai sasaran dalam PKM.

“Kegiatan Diklat dalam PKM ini bertujuan untuk mendorong indikator kinerja Universitas, dimana dosen mampu mengembangkan keilmuannya kepada masyarakat, dan mahasiswa sehingga menambah pengalaman dalam pembelajaran yang melibatkan langsung masyarakat,” ujar Setiana.

Kegiatan ini lanjut dia, diberikan juga karya inovasi dan teknologi yang dituangkan dalam berita acara penyerahan karya inovasi dan teknologi ditandantangani Ketua Pengusul PKM dan Ketua MGBK SMP Kab. Kuningan dan disaksikan oleh kedua belah pihak.

Selain itu, kegiatan diklat dilakukan secara luring juga daring melalui tugas mandiri dari grup WA sehingga memenuhi target 32 JP yang dibutuhkan untuk nilai di sertifikat. Untuk itu, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan diklat karena para narasumber yang hebat dapat memberikan insight yang baru untuk para guru BK SMP di Kab. Kuningan.

“Kami dari team PKM mengucapkan terima kasih kepada para peserta, tamu undangan serta Kementerian Ristekdikti khususnya Dirjen Ristekdikti yang telah mensuport pendanaan PKM dalam skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat tahun anggaran 2024,” pungkas Setiana.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unisa, Nurul Iman, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim PKM dan MGBK ini. Dengan harapan agar kolaborasi ini menghasilkan output yang berkelanjutan.

Zaman sekarang kita dihadapkan dengan perkembangan media sosial yang sangat massif, hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan. Kita sendiri sebagai pendidik dalam membimbing siswa di sekolah agar tidak terpengaruh dampak negatif media social tersebut.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini guru BK mampu membimbing siswanya agar dikemudian hari dapat menjadi penerus bangsa yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional,” tutur Nurul Iman.(Sul)

Related Articles

Back to top button