Ayumajakuning

Masyarakat Kabupaten Kuningan Kehilangan Figure Acep Purnama

kacenews.id-KUNINGAN-Masih terngiang di benak masyarakat Kabupaten Kuningan rasa duka mendalam yang tidak mudah terhapuskan kehilangan sosok hebat pengayom warga, H. Acep Purnama. Mantan Bupati Kuningan periode 2018-2023 tersebut meninggal dunia akibat mengalami sakit sebelumnya, Hari Kamis, 23 Mei 2024 sekira pukul 12.00 WIB.

Meski telah wafat, warga masih menghargai sekaligus menghormatinya. Hal ini terlihat pada kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh Anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan (Dapil) 13, Hj. Ika Siti Rahmatika di kediamannya di Kecamatan Cigugur, Minggu (29/9/2024).

Ribuan warga dari berbagai daerah termasuk para tokoh agama, tokoh masyarakat, politisi, simpatisan dan masyarakat umum berjubel memadati halaman beserta rumah istri H. Acep Purnama tersebut. Mereka dengan khusus dan penuh kidmat mengikuti kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Dengan kehadiran ribuan warga pada kegiatan yang menjadi sarana memperkuat nilai-nilai keagamaan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperingati Nabi Muhammad SAW sebagai teladan umat tersebut, istri beserta keluarga besar Almarhum H. Acep Purnama menjadi terharu sekaligus bersyukur karena hal itu sebagai bentuk penghormatan.

“Saya terkejut melihat besarnya kecintaan masyarakat karena masih cukup besar. Jujur, saya terharu. Ini menunjukan kalau Pak Acep Purnama tidak dilupakan masyarakat karena di kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini, ribuan warga berkenan mengikutinya,” ujar Hj. Ika Siti Rahmatika.

Ia menyebutkan, meski saat ini merupakan tahun politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tetapi kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini murni kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan setiap tahun termasuk ketika H. Acep Purnama masih hidup sehingga murni tidak ada kaitannya dengan permasalahan politik.

Momen keagamaan ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi semua umat Islam untuk kembali meneladani sikap dan ajaran Rasulullah. Sehingga harus dimaknai dengan memperbaiki kehidupan sehari-hari. Apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW mesti diimplementasikan.

Seperti memperbaiki hubungan bertetangga, semakin sering ibadah di masjid dan sebagainya.

Calon Bupati Kuningan, H.M. Ridho Suganda yang kebetulan hadir di kegiatan tersebut mengajak kepada semua warga untuk menjadi momen Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai sumber motivasi dan penyemangat dalam membangun daerah. Serta ikuti jejak langkah Rasulullah yang penuh kesabaran dan keteladanan.

Ia pun mengenang sosok Almarhum H. Acep Purnama yang merupakan tokoh pemimpin yang dihormati. Sebagai junior sekaligus muridnya merasa bahagia karena masyarakat menghargai semua yang telah dilakukan oleh gurunya semasa hidup saat menjadi wakil rakyat di DPRD hingga menjabat bupati.

“Dengan harapan dan semangat yang tinggi, saya bertekad untuk terus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Kuningan dan mengikuti jejak para pemimpin sebelumnya yang telah menjadi teladan,” tuturnya.(Yan)

Related Articles

Back to top button