Finansial

SMK Negeri 1 Luragung Gelar Mini Job Fair

kacenews.id-KUNINGAN-SMK Negeri 1 Luragung kini merasakan dampak positif yang signifikan dari program SMK Pusat Keunggulan (PK) yang membawa angin segar dalam dunia pendidikan vokasi, Jumat (27/09/2024).

Dengan adanya teaching factory desain komunikasi visual, pelatihan bahasa Jepang, hingga mini job fair, sekolah ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Sejak pelaksanaan program tersebut, teaching factory yang inovatif di SMKN 1 Luragung telah memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat langsung dalam proyek nyata. Mereka mulai membuat banner untuk berbagai acara lokal hingga gantungan kunci yang dipesan oleh konsumen tetap.

“Alhamdulilah siswa SMKN 1 Luragung sudah bisa membuat produk dan bisa memasarkan dari program sekolah PK ini. Bahkan untuk produksi banner atau spanduk tersebut sudah ada konsumen tetap dari wilayah sekitar kecamatan luragung bahkan se wilayah kuningan juga ada, ujar Lili Herliana.

Pengalaman ini menjadi bekal berharga bagi mereka, memperkaya keterampilan praktis yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Keberhasilan teaching factory tidak hanya menciptakan suasana belajar yang dinamis, tetapi juga membuktikan manfaat nyata dari status sekolah SMK PK. Siswa memperoleh pengalaman berharga yang siap diterapkan di berbagai bidang khususnya desain komunikasi visual.

Namun, dampak positif ini tidak hanya dirasakan oleh siswa, peningkatan kualitas tenaga pengajar juga menjadi fokus utama. Melalui kegiatan workshop dan pengembangan profesional, para guru terus memperbaharui metode pengajaran mereka.

Tak hanya itu, melalui program SMK PK tahun 2024, SMKN 1 Luragung juga memfasilitasi pelatihan bahasa Jepang bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang terpercaya dari. Dibiayai oleh pemerintah, pelatihan ini telah berlangsung selama tiga bulan dan bertujuan mempersiapkan siswa untuk peluang magang dan kerja di Jepang.

Ditahun 2024 ini SMKN 1 Luragung sukses menggelar mini job fair dengan menggandeng 12 perusahaan untuk menyerap tenaga kerja yang ada di Kabupten Kuningan khususnya alumni sekolah tersebut.

Dengan hampir dua tahun berpartisipasi dalam program PK, SMKN 1 Luragung berkomitmen untuk terus berinovasi dan melakukan evaluasi berkala.

“Kami ingin terus menjadi lebih baik dan memberikan yang terbaik bagi siswa. Mudah mudahakan di tahun yang ketiga nanti bisa lebih baik lagi dari yang sekarang,” ungkap Kepala SMKN 1 Luragung melalui ketua panitia mini job fair, Lili Herliana.

Keberhasilan SMKN 1 Luragung bukan hanya menjadi inspirasi bagi siswa, tetapi juga teladan bagi sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan mutu pendidikan vokasi serta membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.(Frizi)

Back to top button