CirebonRaya

Peringati Maulid Nabi, Warga Trusmi Wetan Kabupaten Cirebon Gelar Memayu Buyut Trusmi

kacenews.id-CIREBON-Pada tahun 2024, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw jatuh pada tanggal 16 September. Di Desa Trusmi Wetan Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon, terdapat tradisi Memayu Buyut Trusmi yang merupakan salah satu cara masyarakat untuk memperingati Maulid Nabi.

Diinformasikan bahwa pada tanggal 16 September 2024 di wilayah Trusmi telah terjadi kemacetan disebabkan adanya acara Maulid Akbar.

Menurut warga sekitar Syahrul Hidayattullah kemungkinan kemacetan ini lumayan cukup lama, kemacetan diperkirakan sekitar pukul 16.00 hingga 21.00 karena begitu banyak masyarakat setempat yang berdatangan untuk memeriahkan acara Maulid Akbar.

Jika melewati Jalan Trusmi lebih baik memilih jalur evakuasi,atau bisa mencari jalan lain bisa melewati jalan yang tidak ramai walaupun memakan waktu yang lumayan lama untuk menghindari kemacetan tersebut.

Acara maulid Akbar ini diperkirakan sekitar 1 Minggu dari tanggal 14 September hingga tanggal 21 September 2024 acara maulid Akbar ini sudah di gelar dari beberapa tahun lalu dan sudah menjadi tradisi warga sekitar,biasanya tradisi maulid Akbar diadakan setiap satu tahun sekali.

Menurut warga sekitar acara maulid Akbar akan lebih ramai ketika sudah memasuki pertengahan atau pengunjung akhir acara dan jalan dari Plered menuju Trusmi akan diperbolehkan sementara di karenakan banyak nya pedagang yang berjualan di sepanjang jalan.

Beberapa amalan yang dianjurkan saat Maulid Nabi, di antaranya: Membaca Sirah dan Kisah Nabi, Membaca Sholawat kepada Nabi, Bersedekah, Mengadakan Pengajian atau Majelis Ilmu, Berzikir dan Berdoa Bersama.

Maulid Nabi merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah. Perayaan Maulid Nabi bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk bersyukur kepada Allah atas rahmat yang dilimpahkan-Nya.(Arief Fahrudin/PPL/KC

Related Articles

Back to top button