CirebonRaya

Manuver Sophi Zulfia Halangi Rudiana Duduki Ketua Definitif DPRD Kabupaten Cirebon

kacenews.id-CIREBON-Harapan mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Rudiana, untuk menduduki kursi Ketua definitif DPRD semakin tipis. Kabar yang beredar kuat menyebutkan, posisi Ketua definitif DPRD Kabupaten Cirebon kali ini akan dipegang oleh seorang perempuan.

Sosok yang paling diunggulkan adalah Sophi Zulfia, anggota DPRD dari Fraksi PDIP yang terpilih dalam Pemilu 2024 kemaren.

Sejak awal, Rudiana yang telah terpilih kembali sempat dipandang sebagai calon kuat untuk jabatan tersebut. Selain menjabat sebagai Bendahara Umum DPC PDIP Kabupaten Cirebon, ia juga merupakan anggota dewan senior yang telah menduduki kursinya selama empat periode berturut-turut.

Bahkan, Rudiana pun sekarang posisinya menduduki jabatan Ketua Sementara DPRD Kabupaten Cirebon. Meski rumornya, ketua sementara dipastikan duduki ketua definitif, namun hal itu kemungkinan tidak berlaku, karena langkah Rudiana kini terhalang oleh manuver Sophi Zulfia.

Selain Rudiana, ada nama Aan Setiawan. Anggota dewan yang sudah lima periode ini menjadi salah satu kandidat yang diajukan DPC PDIP untuk menempati posisi ketua defenitif DPRD Kabupaten Cirebon. Namun, posisi Sophi Zulfia yang menjabat Sekretaris DPC PDIP ini tampaknya lebih kuat.

Untuk menempati posisi ketua defenitif DPRD, Sophi Zulfia pun kabarnya sudah memenuhi panggilan DPP PDI Perjuangan. Keyakinan bahwa Sophi akan menjadi Ketua defenitif DPRD semakin menguat setelah pernyataan langsung dari Rudiana.

“Sepertinya memang Sophi yang akan menjadi ketua dewan. Saya tidak dipanggil ke DPP, tapi yang dipanggil ternyata Sophi. Jadi siapa lagi calon kuatnya kalau bukan Sophi,” ungkap Rudiana, Kamis (26/9/2024).

Menurut informasi dari internal DPC PDIP Kabupaten Cirebon, semula empat nama diusulkan untuk posisi Ketua Sementara DPRD. Yakni Rudiana, Aan Setiawan, Sophi Zulfia, dan Rohayati. Dalam prosesnya, Rudiana yang mendapatkan surat tugas dari DPP PDIP untuk menjabat sebagai Ketua Sementara DPRD.

Namun, ketika DPC PDIP kembali mengajukan tiga nama untuk Ketua Definitif DPRD Kabupaten Cirebon, yakni Rudiana, Aan Setiawan, dan Sophi Zulfia, kabarnya hanya Sophi yang dipanggil DPP PDI Perjuangan.

Sumber-sumber di lingkaran inti DPC PDIP juga menyebutkan, hampir semua petinggi partai sepakat mendukung Sophi sebagai Ketua Defenitif DPRD. Hal ini diperkuat dengan informasi yang beredar di kalangan pejabat Pemkab Cirebon, di mana beberapa pejabat kabarnya telah menerima pesan WhatsApp yang menyatakan bahwa Sophi akan segera dilantik menjadi Ketua Defenitif DPRD.

“Saya mendapatkan pesan WA, kabarnya Sophi bakal menjadi ketua defenitif DPRD-nya, bukan Rudiana,” kata salah seorang pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon yang enggan disebutkan namanya.

Meskipun demikian, langkah Sophi tidak berjalan tanpa tantangan. Sejak awal, muncul perdebatan di internal DPC PDIP. Banyak anggota partai yang lebih mendukung Rudiana, mengingat pengalamannya yang sudah empat periode sebagai anggota dewan. Sementara Sophi baru dua kali terpilih, pertama pada periode 2014-2019 dan kini kembali terpilih pada periode 2024-2029.

Namun, semua tanda-tanda menunjukkan bahwa Cirebon kemungkinan akan segera memiliki Ketua DPRD dari kalangan perempuan untuk pertama kalinya, sebuah momen bersejarah dalam dunia politik lokal di daerah ini.(Mail)

Back to top button