CirebonRaya

Kemarau Panjang, Warga Mundumesigit Dilanda Krisis Air Bersih

 

 

kacenews.id-CIREBON-Warga Blok Kenari Desa Mundumesigit Kecamatan Mundu mengalami krisis air bersih sejak satu bulan lalu. Sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Menurut warga setempat, Bi Sarwan, karena sumber air di rumah sudah menyusut, maka dengan terpaksa warga banyak yang membeli air isi ulang dan menunggu air penuh hingga larut malam bahkan pagi,  untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga setiap hari.

“Karena air dari sumur bor mengalir kecil, maka sangat terpaksa begadang maupun membeli air isi ulang,” katanya, Rabu (25/9/2024).

Sementara itu, Kuwu Desa Mundumesigit, Syarifudin mengungkapkan, kemarau panjang berdampak pada volume air sumur warga menyusut, sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih. Kemudian pihaknya mengajukan bantun air bersih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui instansi  berkompeten.

“Setelah komunikasi dengan pihak kabupaten dan Alhamdulillah, sekarang ada pembagian air bersih dari Pemkab. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya bantuan ini,” tuturnya.

Ia mengharapkan, pengiriman bantuan air bersih bisa dilakukan kontinyu untuk meringankan beban warga yang terdampak krisis. “Kami berterima kasih kepada BPBD yang telah memberikan bantuan air bersih bagi warga,” ucapnya.

Sementara itu, bantuan air bersih sebanyak 4.000 liter dari BPBD Kabupaten Cirebon, habis dibagikan kepada warga dalam waktu sekitar satu jam.(Su)


 

Related Articles

Back to top button