CirebonRaya

Targetkan Rp 1,3 Miliar, Bulan Dana PMI Kabupaten Cirebon Menyasar Semua Elemen Masyarakat dan Lingkup Pendidikan

 

kacenews.id-CIREBON- Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon 2024 menargetkan pencapaian Rp 1,31 miliar.

Sekda Kabupaten Cirebon, Hilmi Rivai menyatakan optimistis target tersebut dapat tercapai.Karena bulan dan PMI selain menyasar semua elemen masyarakat, juga lingkup pendidikan dari mulai SD, SMP hingga SMA/sederajat. Terlebih, sekarang ini perusahaan-perusahaan juga sudah welcome dengan kegiatan bulan dana ini.

Related Articles

“Kita berharap dari anggaran-anggaran yang didapatkan untuk bantuan kemanusiaan betul-betul bisa terlaksana,” katanya, dalam acara launching Bulan Dana PMI 2024 di Ruangan Nyimas Gandasari Kantor Setda Kabupaten Cirebon, Selasa (24/9/2024).

Ia mengemukakan, peran PMI tidak hanya sekadar darah, tapi juga urusan kemanusiaan lainnya tetap dibantu oleh PMI. Di antaranya ketika musim kemarau, PMI berkontribusi memberikan bantuan air. Kemudian saat musim hujan, PMI juga berperan aktif melakukan antisipasi supaya korban banjir tertangani dengan baik.

“Terlebih sekarang sedang menghadapi musim kemarau. Tadi kata Ketua PMI juga banyak daerah di Kabupaten Cirebon yang kekeringan,” ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Rd Hj Sri Heviyana mengungkapkan, bulan dana merupakan kegiatan rutin yang dilakukan PMI. Hal itu karena sampai saat ini PMI Kabupaten Cirebon masih belum mandiri. Sehingga kebutuhan anggaran masih harus diback up dari APBD dan pergerakan melalui bulan dana.

“Bulan dana ini peruntukannya tidak hanya tentang penanggulangan bencana, tetapi pembinaan kepada relawan dan PMR juga,” katanya.

Ia mengaku optimistis, peningkatan target pada bulan dana tahun ini tercapai. Pihaknya akan terus bergerak untuk memastikan target senilai tersebut dapat terealisasi.

Mengingat peran PMI dalam membantu penanggulangan bencana tidak hanya di sekitar Kabupaten Cirebon. Melainkan juga menjangkau daerah lain yang membutuhkan bantuan seperti Sumedang, Garut, Cianjur dan lainnya.

“Program itu sudah ada, tapi kan untuk penanggulangan bencana itu tidak bisa diprediksi, (sehingga anggaran, red) bisa kurang bisa lebih,” katanya.

Selain itu, PMI juga memberikan bantuan rutilahu untuk masyarakat Kabupaten Cirebon yang membutuhkan. Pada bulan dana sebelumnya, PMI Kabupaten Cirebon membantu 10 rutilahu dengan nilai bantuan Rp 5 juta per rutilahu.

Sementara itu, Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Cirebon yang juga Kepala Dinas Pendidikan, H Ronianto menyampaikan, teknis bulan dana akan dilakukan seperti yang sudah berjalan pada periode sebelumnya. Pihaknya bakal mengedarkan kupon ke setiap sekolah dari mulai TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Menurutnya, kupon bulan dana juga akan disebar ke semua PNS di lingkup Pemkab Cirebon dan semua elemen masyarakat termasuk TNI- Polri.

“Kita mulai hari ini (Selasa, 24 September, red) sampai 24 Desember. Mohon dukungan semua, Insya Allah target tercapai. Donasi bisa melalui rekening-rekening yang kita siapkan,” tuturnya.(Junaedi)

 

 

 

Related Articles

Back to top button