Ayumajakuning

Festival Literasi Majalengka Lahirkan Duta Baca Berbakat

kacenews.id-Majalengka-Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Majalengka menggelar Festival Literasi dan Pemilihan Duta Baca 2024 tingkat Kabupaten Majalengka, acara dua hari ini mengusung tema “Literasi Cerdas, Maju dan bahagia”.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah di Cicenang ini dihadiri oleh kepala dinas terkait, Bunda Literasi Majalengka, Bunda literasi PKK se Kabupaten Majalengka, Duta Baca Majalengka, serta para peserta yang antusias.

Dinas setempat telah melaksanakan sosialisasi ke setiap sekolah kemudian kecamatan, desa, termasuk media sosial, dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintahan. Acara ini juga menjadi agenda tahunan di sini dengan melanjutkan program dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Pandangan kami terhadap remaja si lebih fokus kepada gadget ya arah mereka lebih banyak menggunakan hp, kami tidak begitu yakin dengan pendaftaran ini, tapi ternyata mereka sangat antusias dalam mengikuti ajang ini terutama kalangan sma” ungkap Henda, Kabid Perpus.

Proses pemilihan Duta Baca ini melalui tahap wawancara, wawasan kedaerahan dan unjuk kabisa. Tujuannya untuk mencari individu yang tidak hanya gemar membaca, tetapi juga terampil dalam hal lain.

Berdasarkan hasil penjurian duta baca Kabupaten Majalengka 2024, duta baca Majalengka tingkat SLTP diraih oleh Tigin Kinanti Damara dari SMP IT Insan Kamil, Figo Ibrahim dari SMPN 2 Jatiwangi, sedangkan tingkat SLTA diraih oleh Zian Alvina Fauziani Ramadhani dari MAN 1 Majalengka, Alif Nurhidayah dari SMA 1 Cikijing dan dari tingkat Mahasiswa/umum diraih oleh Melina Ilma Andini UIN Sunan Gunung Djati Bandung, M. Makrizi Zaini Fawwaz Universitas Muhammadiyah Cirebon, selain itu juga terdapat kontestan terfavorit yaitu Nabila Salsabila Nurhabibah Universitas Siliwangi.

Figo Ibrahim, mengungkapkan rasa senangnya setelah dinyatakan menjadi Duta Baca tingkat SLTP dan berharap bisa meningkatkan literasi di Majalengka. Sementara Zian Alfiya, menyarankan untuk memilih buku buku yang lebih banyak visualnya agar menciptakan imajinasi yang luas.

Melina, Duta Baca mahasiswa terpilih, memberikan pandangan lebih luas mengenai literasi. Menurutnya, Literasi itu bukan sekedar membaca dan menulis tetapi juga kemampuan untuk kita yang menyerap informasi dari berbagai sumber.

Dia juga merekomendasikan buku buku karya Alfi Sjahrin dan Alvi Al Ghazali salah satunya buku “Ya Allah aku pulang” yang menarik untuk dibaca oleh kalangan Gen Z.
Mereka pemenang duta baca ini juga mendapatkan hadiah berupa batik dari Ibu PJ Bupati dan akan tampil saat launching buku “Ibu”.

Sementara menurut Kabid perpustakaan, mereka yang terpilih nantinya diharapkan dapat terus mewakili Majalengka ke Tingkat Provinsi dan Nasional melalui pembinaan secara kontinyu dan hal pentingnya meningkatkan pengetahuan dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. (M. Rizki Alfarizs)

Related Articles

Back to top button