Ayumajakuning

Masih Menjadi Misteri, Desa Lemahsugih Majalengka Tak Terdeteksi Google Maps

kacenews.id-MAJALENGKA-Desa Lemahsugih, Kecamatan Lemahsugih, adalah sebuah desa di Kabupaten Majalengka yang baru dimekarkan dari Desa Lemah Putih kurang lebih 12 tahun yang lalu atas pertimbangan wilayah yang terlalu luas dengan kondisi geografis pegunungan dan jumlah penduduk melebihi 5.000 jiwa.
Dua desa ini dimekarkan dengan kepala desa nya yang berasal dari kaka beradik Dede Sudrajat sebagai Kepala Desa Lemahsugih dan adiknya Asep Setia Permana menjabat sebagai Kepala Desa Lemah Putih. Mereka adalah putra dari mantan kepala Desa Lemah Putih dan juga kakenya pernah menjadi kepala desa. Menjabat kepala desa turun temurun dari kake moyangnya.
Karena kepala desa yang dijabat kakak beradik serta letaknya berdampingan nyaris tanpa batas hanya disekat oleh jalan, dan Desa Lemahsugih ternyata tidak ditemukan di google kondisi ini sering membingungkan tamu yang datang akan berkunjung ke Desa Lemahsugih.
Menurut Dede Sudrajat, tamu dari luar kota baik dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pusat yang akan berkunjung melakukan survai atau memberikan bantuan kerap salah datang dan akhirnya datang ke Kantor Desa Lemah Putih.
“Jadi yang belum pernah berkunjung pasti menggunakan google maps, nah tamu akhirnya datang ke Lemah Putih bukan ke kantor desa saya, karena Lemahsugih tidak ada di google,” ungkap Dede.
Tak heran awalnya bantuan yang dibawa oleh tamu dan awalnya akan diberikan ke desanya karena pengajuan dilakukan oleh Desa Lemahsugih, akhirnya bantuan diberikan untuk desa yang dipimpin adiknya. Ini sering kali terjadi dan jika terpaksapun akhirnya bantuan dibagi dua, ke desa Lemah Putih dan Lemahsugih.
Dede mencontohkan bantuan rutilahu yang sedianya diajukan untuk warga desanya, akhirnya bantuan di bagi dua untuk Lemah Putih karena yang datang melakukan survai salah datang ke desa Lemah Putih.
“Bingung sering salah, bantuanpun akhirnya di bagi dua, kalau ngotot melarang bantuan di bagi dua karena bagaimanapun kepala desanya kan adik saya juga, malah tak jarang bantuan akhirnya datang ke desa Lemah Putih karena yang survai salah datang,” ungkap Dede.
Dia mengaku bingung, bagaimana caranya agar desa Lemahsugih, Kecamatan Lemahsugih bisa tertera juga di google agar desanya bisa lebih dikenal dunia maya dan memudahkan siapapun yang akan berkunjung ke desanya. Karena lewat google bisa mengetahui segalanya.(Tat)

Related Articles

Back to top button