Pendidikan

Berkolaborasi dengan RUPA, Yayasan Darul Ulum Asshohati Berikan Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Desa Cempaka

kacenews.id-CIREBON- Yayasan Darul Ulum Asshohati berkolaborasi dengan Ruang Muda Perempuan (RUPA) menyelenggarakan seminar bertema “Mengenali Tubuh” di Blok Karangsetu, Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Minggu (1/9/2024).

Even yang diikuti 30 remaja ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan  Maulid Nabi Muhammad Saw.

Pemateri seminar dari RUPA yang ahli dalam bidang kesehatan reproduksi, Alifatul Arifiati, mengemukakan tentang pentingnya pemahaman fungsi dan siklus alat reproduksi di kalangan remaja.

“Banyak kasus kehamilan tidak diinginkan (KTD) yang terjadi pada usia remaja diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan tentang fungsi dan siklus alat reproduksi, termasuk ketidaktahuan mengenai masa subur,” katanya.

Ia berharap, melalui seminar ini, para remaja dapat lebih berhati-hati dan menjaga tubuh mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Tokoh agama setempat, Mustari mengapresiasi seminar ini dan menyampaikan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dalam upaya meminimalkan kenakalan remaja.

“Kasus kehamilan tidak diinginkan pada usia sekolah adalah kerugian besar yang bisa memupus masa depan kedua belah pihak,” katanya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, para remaja dapat lebih memahami fungsi tubuh mereka dan menjauhi perilaku yang dapat merusak masa depan mereka.

Menurutnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini di Blok Karangsetu terasa istimewa dengan berbagai kegiatan yang lebih beragam. Selain seminar, juga diselenggarakan  pengajian, turnamen bola voli dan ziarah ke makam sesepuh.

“Semua ini bertujuan untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah bashoriyah, yang merupakan ajaran inti Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw,” katanya.(Is)

 

 

Related Articles

Back to top button