Ragam

Kembali Digelar, 3.146 Atlet Bersaing di Tarkam dan Porkab Cirebon 2024

 

kacenews.id-CIREBON-Setelah 12 tahun vakum, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Cirebon kembali diselenggarakan tahun ini sekaligus  kejuaraan antar kampung (Tarkam).

Even yang diikuti 40 kecamatan (kontingen) dengan melibatkan 3.146 atlet, 630 pelatih/ofisial, dan memperebutkan total 900 medali telah resmi dibuka oleh Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Hilmi Rivai yang ditandai dengan menyalakan api obor oleh dua atlet terbaik putra Kabupaten Cirebon di Stadion Ranggajati pada Rabu (21/8/2024) malam.

Related Articles

“Melalui kejuaraan Tarkam dan Porkab Cirebon, menjadi ajang bagi atlet untuk mengasah kemampuan dan pengalaman bertanding serta menambah jam terbang untuk persiapan pelaksanaan Porprov Jawa Barat yang akan datang,” kata Hilmi Rivai.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cirebon, Sutardi Raharja mengungkapkan, kejuaraan Tarkam dan Porkab sudah 12 tahun menunggu. Sehingga banyak berharap agar olahraga Kabupaten Cirebon ditingkatkan menjadi olahraga prestasi.

“Tarkam dan Porkab bukanlah semata-mata mencari bibit atlet, tapi juga mempererat tali silaturahmi. Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat menjaring bibit-bibit atlet berbakat yang akan mengharumkan nama Kabupaten Cirebon di kancah olahraga yang lebih tinggi,” katanya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Porkab, Sugeng Darsono menyampaikan even ini kembali menjadi awal setelah digelar 12 tahun lalu. Sementara, kejuaraan Tarkam merupakan yang kedua kalinya setelah sukses digelar pada tahun lalu.

“Digelarnya kembali kegiatan ini diharapkan dapat memicu semangat para atlet di semua cabang olahraga (cabor) untuk berlatih dan berjuang lebih keras, sehingga bisa menumbuhkan prestasi terbaik,” ujarnya.

Menurutnya, melalui even ini dapat melihat dan menyeleksi langsung atlet-atlet terbaik di setiap cabor yang akan membawa nama kecamatan masing-masing di Kabupaten Cirebon. Selain itu, para atlet terbaik akan dipersiapkan untuk Porprov Jawa Barat mewakili Kabupaten Cirebon pada 2026.

“Kegiatan Tarkam dan Porkab ini digelar mulai 18 hingga 25 Agustus 2024 di beberapa venue yang tersebar di beberapa wilayah Kecamatan Sumber,” tuturnya.

Ia menyebutkan,  cabor yang dipertandingkan di Tarkam dan Porkab yaitu futsal, tenis meja, akuatik, sport sepeda, atletik, bola basket, sepak bola, bola voli, karate, panahan, catur, taekwondo, pencak silat, bulu tangkis, dan senam.

“Kami berharap di event berikutnya bisa mempertandingkan lebih banyak cabor dan bisa diikuti lebih banyak atlet dari masing-masing kecamatan,” katanya.(Jak) 

 

 

Related Articles

Back to top button